Thursday, May 24, 2012

CARA PASANG MODBO 3.0 KE PS2 SLIM 90006

Perangkat yang dibutuhkan :
1. PS2 SLIM SCPH 9XXXX
2. MODBO MATRIK V 3.0
3. MC PS2 minimal 8MB
4. CD BLANK
5. FlashDisk 4GB
6. File Image ULE untuk membuat CD Boot
7. File Installer FMCB
8. File OPEN USB LOADER
9. File Aplikasi untuk memasukkan dvd games ps 2 ke dalam FlashDisk atau HardDisk
tutorialnya sabar boss, ini belum ngopi jadi cekot-cekot hehehe… :D :D
ok, kita mulai dari awal, siapkan Komputer kita, dan Konsol PS2.
LANGKAH PERTAMA
saya asumsikan bahwa mesin PS2 Slim yang kita modifikasi ini masih bisa untuk membaca CD. download File Image ULE kemudian bakar kedalam CD dengan NERO BURNING atau aplikasi lain kesayangan anda. masukkan CD ULE tersebut kedalam PS2, jika Anda berhasil maka di layar akan tampil seperti gambar berikut:
dan biarkan dulu, kita menuju ke proses selanjutnya.
LANGKAH KEDUA
sekarang kita sudah siap untuk membuat FMCB, download File FMCB dan simpan kedalam FlashDisk, pindah FlashDisk tersebut ke dalam Konsol PS2 dan pasang juga MC PS2. kita akan meng INSTAL FMCB yang ada diFlashDisk kedalam MC PS2. tekan O diJoyStick untuk masuk file browser.
direktori flashdisk ada di Mass:// tekon O di joystick cari file FREE_MCBOOT.ELF dan buka dengan menekan tombol O dan layar anda akan tampak seperti dalam gambar :
FMCB
saya asumsikan bahwa MC PS2 8Mb sudah terformat dan masih kosong, pilih MENU Multi Version install dan ikuti saja petunjuk yang ada, tunggu hingga selesai. Kemudian pilih MENU Lounch FMCB tekan x, selanjutnya reset konsol PS2 anda. Kita kembali ke File Browser ULE masuk pada direktori CD ROM yaitu CDFS:// kemudian pilih file BOOT.ELF tekan R1 di JoyStick untuk masuk Menu kemudian pilih Copy tekon O, kembali ke direktori sebelumnya dengan cara menekan tombol Segi tiga diJoyStick hingga anda menemukan direktori MC0:/ tekan O cari Folder BOOT tekan O untuk masuk kedirektori BOOT, tekan R1 untuk menampilkan menu dan pilih Paste lalu tekan O kembali…… pusing-pusing heheheheh, intinya kita kopikan file BOOT.ELF yang ada di CD kemudian kita masukkan kedalam MC PS2 8Mb harus berada didirektori BOOT. Ok sekarang saya anggap anda sudah memahami file manager LounchELF. kopikan file OPEN USB LOADER ke MC PS2 8Mb, OPEN USB LOADER ini adalah aplikasi yang nantinya digunakan untuk memainkan Game yang ada diFLASHDIDK.
LANGKAH KETIGA
Buka Konsol PS2, lepaskan semua kabel pada mainboard hingga tampak sepeti pada gambar berikut,
siapkan MODBO MATRIK V3.0 yang bisa dibeli toko Perlengkapan PS2 yang ada dikota anda :D ,

Sekarang tinggal ganti MODBO bawaan PS2 SLIM yang biasanya E7 dengan MODBO MATRIK V3.0 yang kita beli, coba perhatikan kabel-kabel yang terhubung ke MODBO E7 tersebut, biar mempercepat kita kerja jangan lepas dulu kabel-kabel yang terhubung ke MODBO E7 tersebut. Siapkan Solder yang runcing, kemudian kita lepas kabel di huruf M, kemudian lekatkan dengan solder di Poin M yang ada di modbo matrik v3.0 lanjutkan dengan N,O,P,Q,T,U,V,R,W, ingat ya pasang satu persatu saja biar tidak lupa tempatnya :D . nah setelah selesai satu grup kita lanjutkan di grup yang kedua yaitu point A,B,G,H,I, lho point F nya…..?? :O ,iya point F ini tidak dipakai lagi di MODBO MATRIK V3.0 jadi biarkan saja dan amankan biar tidak KONGSLET :D :D. Jangan lupa Point RST, +3,3V dan GND.Setelah semua selesai tinggal lekatkan MODBO nya agar tidak gampang goyang. Pasang kembali Konsul PS2 anda, dan siap dicoba walaaaaaaaaaaah lupa gimana cara mindahin game di DVD ke flashdisnya…. oh ya download aja aplikasi yang paling bawah itu ya dan silahkan diutak-atik sendiri di jamin gampang kok, ma’af jari saya sudah kriting boss……
PS2 seri 90006 ada yang bisa di instal FMCB dan ada yang tidak bisa.Yang aku bahas type 90006 yang tidak bisa di instal FMCB.Solusinya harus kita pasang IC MATRIX. Pemasangan IC MATRIX sangat mudah hanya memindah kabel dari bawahan IC CHIP lama bawahan ps2.Pertama-tama solasi dulu kabel-kabel ic chipnya yang di papan PCB PS2 supaya tidak lepas soderanya.Kabel yang di pasang : +[ples] -[min] RST[riset] CX W R V U T Q P O N M.Kabel yang tidak ada dalam daftar ini di lepas aja karena hanya untuk optik seperti :SX Y F H A B G I Kabel yang terpasang pada ic chip pada huruf merah lepas aja tidak berguna [cara lepas kabel jangan pakai soder cukup tarik pelan-pelan sambil di putar-putar] dan kabel yang terpasang pada huruf kuning lepaskan pindah ke IC MATRIX contoh gambar:

Pertame ples+ pindah ke ples+ min-pindah ke min-riset ke riset WkeW RkeR dan seterusnya.
Setelah itu riset ps2 kalau keluar logo matrix berati pemasangan sudah betul.Dan riset lagi sambil tahan tombol SEGITIGA dan BULAT akan muncul BIOS ps2 warna biru kalau teman-teman bingung untuk setingnya untuk menu ON di buat aja OFF semua.Rubah setingnya dari AUTO -DEV2-DEV1rubah menjadi DEV1.


Langka selanjutnya copy kan file OPL_08.ELF ke mc0 dan buat folder BOOT/OPNPS2LD.ELF.Setelah itu rename file OPNPS2LD.ELF yang ada di dalam folder BOOT.contoh OPNPS2LD.ELF menjadi BOOT.ELF dan hasilnya BOOT/BOOT.ELF. LIHAT GAMBAR 1.2.3
ok sudah selesai copy kan folder BOOT ke memory card dari flashdisk ke mc ps2 lewat MC BOTING Masukan memory ke slot 1 riset ps2 dan tunggu loding nya  semoga ber hasil

6 comments :

Mas Adie said...

wah mantap maluntap taluntapluntaopn ich men

Anonymous said...

semoga rezeki dari agan yang memasang postingannya bertambah dan semakin bertambah,,,karena Ilmu adalah amal zariah.....sekali lagi terimaksih banyak pak,mas,atau siapapun agan....saloommm....

MEDIAPOSITIF said...

samasama Anony

dmservice said...

Keren gan, ane udah praktekin. Mujarab hasilnye.. jempol ke atas dah buat agan.

Zoel said...

mantop markotop isi bloggnya mas..., ilmu yg sangat bagus telah anda bagikan..., jelas dan tuntas.... jempol dari sy

Anonymous said...

Terima kasih gan, pejelasannya sangat membantu saya. Sempat dibuat pusing karena tidak berhasil. Saya pernah baca dari tempat lain isi di atasnya sama tapi gak ada penjelasan tambahan dibawahnya. PS2 anak saya akhirnya bisa booting dari HDD. Saya beli PS2 tanpa harddisk tadi saya kira harus pasang MODBO lg, saya beranikan diri untuk bongkar sendiri PS2 nya, ternyata sudah terpasang MODBO 3.0 (dari waktu beli ternyata sudah terpasang) dan rupanya tinggal setting di biosnya. Thanks atas informasinya.