Monday, May 28, 2012

PLAYSTATION BOOTING OPL DI HD EXT. DENGAN MODBO 5.0


Pada postingan sebelumnya sudah saya postingin tentang Modchip Modbo 5.0. itu adalah generasi terbaru dari Modbo. Kelebihannya adalah bisa booting dari Hardisk Eksternal/ Flashdisk tanpa harus menggunakan tambahan Memori untuk membooting OPL. Seperti yang kita ketahui semua bahwa untuk membooting OPL harus menggunakan MMC sebagai media booting.



Jadi sekarang ngga pening - pening lagi kehilangan memori. Terkadang ada kawan rental yang mengeluh kehilangan memeori PS2nya. Jadi harus beli memori lagi. wah pening, instal lagi nih. Belum lagi dapat memori tw abis. ngga bisa instal FMCB.


Tapi sekarang ngga perlu pening lagi akan kehilangan memori. Cukup kawan beli modchip Modbo 5.0 dan pasang di ps2. setelah selesai ubah bios Modbo dengan masuk seperti biasa O+segitiga. Ubah BOOT MODE ke MASS.





Lalu save. Restart PS2 kawan lalu akan muncul loading boot menu v1.setelah logo Matrix muncul . Setelah itu akan muncul error config file. Wah kok error (pening). He... He...

Ok jangan bingung. Langkah berikutnya adalah download Fail System. Setelah selesai download, ekstrak Fail system itu ke HD Eksternal dan akan tampak seperti pada gambar dibawah:




Yang saya tampilkan fail yang udah saya ubah. Sebenarnya didalam Fail System itu masih terdapat USBADVN , SMS & ULE. Ketiganya saya hapus karna yang dibutuhkan fail OPL. Jadi ubah nama OPL ke BOOT.ELF. Atau kawan mau mengubah config failnya juga ngga masalah. Setelah selesai fail System tadi diekstrak, saatnya ke tahap mencoba, sambil berdoa ya supaya berhasil (he...he....).


Dibawah ini contoh Konsol yang saya coba. Saya mencoba pakai PS2Fat + HD Eksternal 40Gb & tanpa MMC.


Hidupkan Konsol.


Lalu akan tampil logo Matrix, setelah logo matrix tampil, yang berikutnya tampil yaitu Loading Boot_menu v1.00. terlihat seperti pada gambar dibawah :





Setelah itu tampil menu pilihan. Tekan X aja untuk melanjutkan.







Dan setelah debug screen akan tampil OPL. seperti yang terlihat dibawah ini. Oh ya setingan OPL distel ulang supaya tersimpan di HD Eksternal.





OK. Selamat Mencoba.



DownloadSystem (933kb)

Sumber:http://jremos.blogspot.com/2011/06/booting-opl-di-hd-ext-dengan-modbo-50.html

6 comments :

kurnia cell said...

numpang tanya para master, saya udah setres nih, udh ganti ic modmo 5.0 pada ps2 slim udah saya masukan sistemnya pada plesdis, tp loding terus, tolong kasih tau solusinya.

MEDIAPOSITIF said...

KALO DA BISA MUNCUL MATRIX DAN MASUKIN SYSTEM ,LANGKAHNYA MASUKIN GAME YANG HARUS DI DEFRAGMENT ISI GAME DI PLASDISK /HDDNYA
..SEMOGA MEMBANTU....

Anonymous said...

coba kang eful download software defragment game ps2 seperti aeoslogic atau se jenisnya,sebelum di coba di ps2 di defragment dulu baru di koneksikan ke ps2....semoga membantu

Anonymous said...

ps q setah ganti modbo kok malah g kluar gambar tp tombol reset normal <ap sbabx n gmn solusinyA

MEDIAPOSITIF said...

adayang keliru di pin y atau x atau karna ada kosleting di matriz atau i modbo ps2 tersbuut

dwi harrie said...

gan ps2 slim ane 90006,, udah pasang modbo 5.0,, sukses bisa maen lewat FD,, tpi giliran pake hdd external gak bisa buka, cuman ada tulisan loading boot menu aja,, tolong solusinya gan... mkasih