Monday, May 28, 2012

Modchip atau chip tempelan yang beredar dan banyak digunakan di PS2 khususnya yang beredar di negara kita ada beberapa jenis yang masing-masing chip tersebut mempunyai model dan kelebihan yang berbeda-beda, walaupun tujuan akhir dari penggunaan chip tersebut adalah agar PS2-nya bisa menggunakan atau memainkan game-game backup atau bajakan.
Beberapa jenis chip yang digunakan di PS dan sebagian diantaranya banyak digunakan dinegara kita bisa teman" download disini (PDF file).

Bagi teman-teman yang membeli PS2 dari toko" game biasanya sudah dipasangi modchip (chip tempelan), tujuannya agar PS2 bisa ........ sengihnampakgigi , seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Dan untuk membuktikan kalau PS2 teman" yang baru dibeli ditoko game tersebut sudah dipasangi modchip, kga perlu repot" membuka PS2-nya, yang penting PS2 tersebut bisa membaca CD/DVD game" yang banyak dipajang ditoko game tersebut, maka itu artinya PS2-nya sudah dipasangi atau ditempeli chip tambahan, karena kalau tidak ada modchip-nya di PS2 tersebut, maka biar kita apakan PS2 tersebut tidak bakalan bisa membaca atau memainkan game" bajakan dikarenakan system dari console PS2-nya sudah diproteksi atau dikunci oleh pihak SONY agar hanya bisa membaca CD/DVD game original sesuai dengan region penyaluran resmi console game tersebut.
Tujuan dari pihak SONY dan beberapa produsen game console memberlakukan proteksi terhadap produknya salasatunya adalah untuk melindungi karya para pembuat game" yang jalan pada console game masing", sehingga para pembuat game tersebut akan tertarik untuk membuat game" console karena mendapat keuntungan dari hasil penjualan game" orisinilnya.


Nah..... tapi jika CD/DVD game tersebut yang terjual bukan dari yang orisinil, cos udah pasti para pengembang atau pembuat game tersebut tidak mendapatkan apa-apa dari hasil jeripayah dan pengorbanannya saat membuat game tersebut. Dan jika sudah begitu jadinya, maka tentunya para pengembang game tersebut akan malas membuat game baru lagi seperti yang terjadi pada console game PS2 yang sudah beberapa tahun yang lalu sejak postingan ini saya tulis sudah kurang atau tidak ada lagi game" baru yang keluar plus/ditambah dengan perkembangan teknologi game console-nya.
Itulah Ilmu pengetahuan khususnya didunia game, disisi lain bisa merugikan pihak-pihak tertentu, sementara sisi satunya justru akan sangat membantu orang-orang seperti saya sengihnampakgigi dan beberapa teman-teman yang lain tentunya serta beberapa orang-orang lagi yang tinggal dinegara-negara berkembang atau negara" yang perkembangan ekonomi penduduknya belum merata.
Okey...kita kembali kepokok postingan.
Sekarang mungkin ada teman-teman yang bertanya-tanya lagi, kalau memang PS2-nya sudah dipasangi modchip, kenapa kita melakukan pergantian atau pemasangan modchip lagi.
Seperti yang sudah diuraikan diatas kalau fungsi utama dari modchip" tersebut agar PS2-nya bisa membaca bajakan tanpa bersusah-susah lagi pake trik pancing seperti PS2 versi" awal atau PS2 yang menggunakan swap magic. Dan seiring dengan perkembangan PS2-nya, maka tidak mutlak mesti pake CD/DVD game lagi jika ingin memainkannya, akan tetapi PS2 bisa memainkan game lewat harddisk yang terpasang di PS2 tersebut.
Nah...dari perkembangan tersebut tentunya kemampuan modchip juga harus mengikuti perkembangan tersebut agar para penggunanya bisa semakin dimanjakan atau diberi kemudahan lagi, dan diantara produsen modchip melihat peluang itu dan menambahkan fungsi" atau kelebihan tambahan pada modchip yang diproduksinya dibandingkan dengan modchip" yang lain.

Dan salasatu produk modchip seperti Matrix dan Modbo yang mana kedua jenis modchip tersebut yang banyak digunakan dinegara kita membunyai kemampuan membaca atau menjalankan file booting/program yang tersimpan diharddisk yang dikenal dengan mode DEV2 serta yang tersimpan di Memorycard yang dikenal dengan mode DEV1, disamping kemampuan standar lainnya yaitu bisa membaca CD/DVD game backup/bajakan lewat optik PS2-nya.
Dan ciri-ciri dari PS2 yang sudah terpasang modchip tersebut yang bisa kita ketahui tanpa harus membuka casing PS2-nya diataranya adalah adanya logo MATRIX (jika tidak didisable tampilannya) saat pertamakali PS2 menyala sebelum masuk dibrowsing-nya. serta adanya tambahan menu/pengaturan chip yang bisa kita masuki dengan menekan dan tahan tombol segitiga + lingkaran mulai saat pertama menyala PS2-nya sampai masuk dimenu chipnya.
Jika sudah ditahan tombol segitiga + lingkaran tidak masuk-masuk juga dimenu chipnya, itu artinya PS2-nya tidak menggunakan modchip matrix atau modbo, atau kemungkinan juga modchip rusak dan harus diganti yang baru
Serta adanya fungsih untuk menonaktifkan chip itu sendiri yang bisa kita akses dengan menekan dan menahan tombol START saat awal menyala PS2-nya sampai ada tulisan dilayar TV-nya kalau modchip tersebut sudah didisable atau dinonaktifkan.
Sedikit mengenai modchip matrix dan modbo adalah. keduanya memiliki fungsi, tampilan dan kemampuan hampir sama, namun kualitas keduanya saja yang berbeda dari segi perangkat kerasnya atau bahan yang digunakan oleh modchip tersebut, dimana kualitas chip matrix lebih bagus dari chip modbo, namun untuk daya tahan chip tersebut saya rasa sama saja, tergantung dari pemakainya saja., dan saya sendiri menggunakan chip modbo karena harganya lebih murah dan mudah saya dapat didaerah saya.
Dan sebenarnya fungsi dari chip tersebut adalah hanya membantu kita menjalankan booting atau program di PS2, baik yang tersimpan diharddisk, maupun yang tersimpan di memorycard. Jadi sekali lagi fungsinya hanya membantu menjalankan yang artinya disini adalah tanpa menggunakan modchip tersebut-pun kita masih bisa menjalankan booting/program game di PS2nya, karena yang menjalankan/memproses booting atau program selanjutnya yang kita kenal ada beberapa seperti HDLoader, USBAdvance/USBExtreme, USBLoader, OPL/Open PS2Loader, PS2ESDL, tentunya adalah PS2-nya sendiri dan bukan atau tanpa bantuan modchipnya. (bingung jg ngejelasinnya nih sengihnampakgigi )
Okey....
Bagi teman-teman yang ingin mencoba menggunakan modchip tersebut, berikut saya coba tulis cara-caranya sesuai dengan apa yang biasa saya lakukan saat memasang modchip tersebut pada PS2 yang saya gunakan sendiri (maklum bukan tukang service PS2 sengihnampakgigi)
Untuk melakukan penggantian chip atau pemasangan modchip di PS2 baik yang tebal maupun yang slim, maka terlebih dahulu sebaiknya persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut:
  • Chip pengganti (Modbo atau Matrix).
  • Timah secukupnya (pilih timah yang berukuran kecil).
  • Solder (pilih mata solder yang runcing).
  • Pasta Solder.
  • Kabel AWG Kynar jika ada (klau saya sendiri kadang menggunakan kabel bekas modchip sebelumnya, dan jika kurang saya gunakan kabel tunggal bekas dari kabel stik, pokoknya cari yang gampang" aja, kga nyusahin dan layak digunakan).
  • Isolasi kertas.
  • Manual instalasi chip (gambar jumper chip).
  • Perlengkapan untuk membuka casing PS2).
Setelah perlengkapan tersebut sudah siap, selanjutnya kita sudah bisa mulai melakukan penggantian atau pemasangan chip-nya dengan cara sebagai berikut:
Pertama-tama tentunya membuka casing PS2 kemudian mengeluarkan mobo (motherboard) dari casing, dan setelah itu modchip jika ada akan terlihat menempel pada mobonya dengan menggunakan lem perekat yang mana chip tersebut dihubungkan ke mobo PS2 lewat kabel" jumper pada titik tertentu di mobo PS2-nya.
Selanjutnya lepas satu persatu kabel jumper yang terpatri di modchip sebelumnya jika ada, sementara kabel jumper yang terpatri dimobo PS2 untuk sementara jangan dulu kita lepas, tujuannya disini adalah agar nantinya kita tidak susah" lagi menyolder kabel jumpernya di mobo PS2nya, karena sebagian besar titik jumper chip memiliki titik pemasangan yang sama di mobo PS2nya, dan sebagian lagi menggunakan titik jumper yang berbeda.
Setelah itu kita sudah bisa mulai memasang chip modbo atau matrix dengan sebelumnya menyolderkan dulu timah secukupnya pada titik" di chipnya, tujuannya kita memberi timah terlebih dahulu pada titik" tersebut agar nantinya dalam pemasangan kabel jumper pada chip bisa lebih mudah dan cepat.
Titik" jumper pada chip tersebut bisa dilihat pada contoh gambar diatas, yang mana pada titik" tersebut kita beri atau solderkan timah secukupnya terlebih dahulu.
Setelah itu tempelkan lem perekat chip yang biasanya ikut bersama chipnya.
Tempelkan lem perekatnya pada bagian bawah chipnya, dan setelah itu cari posisi dimobo tempat melekatkan atau menempel chip tersebut. Kita bisa juga mengambil posisi peletakan chipnya dari posisi pemasangan chip sebelumnya yang sudah kita lepas (jika ada).
Setelah itu tinggal kita pasang satu persatu kabel jumper chip dengan berpedoman pada manual diagram chip atau gambar titik jumper chip dimobo (motherboard) PS2-nya.
Untuk manual gambar diagram chip sudah pernah saya posting disini, atau teman" bisa juga download diagramnya disini khusus buat chip modbo dan matrix pada PS2 tebal dan Slim.

Umpamanya pada gambar diagramnya seperti dibawah ini.
Pada contoh diatas titik jumpernya ada beberapa antara lain titik jumper W, P, O, N, M, R, Q, T, U, V.
Maka huruf" dari titik jumper pada mobo PS2 ini kita jadikan patokan untuk melakukan pemasangan kabel jumpernya.
Kita samakan saja titik huruf pada gambar diagramnya dengan titik huruf yang ada pada chipnya, jadi nantinya setelah kabel jumpernya sudah dipasang akan menghubungkan titik" dengan huruf yang sama pada mobo PS2 dan chip-nya, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Sementara untuk pemasangan titik huruf yang lainnya tinggal samakan saja dengan titik huruf pada diagram dan chipnya.

Setelah semua kabel jumper sudah selesai dipasang, maka alangka baiknya jika memeriksa kembali jalur pemasangannya dan pastikan kalau titik kabel jumpernya sudah sesuai dengan diagram jumper chip-nya.
Setelah itu rapikan semua kabel-kabel jumper dengan memberinya isolasi kertas agar kebel-kabel jumper tersebut tidak banyak goyang dan menempel rapi pada mobo PS2-nya dan perhatikan juga jangan sampai ada kabel yang berada pada lubang tempat masuknya baut atau berada pada tempat-tempat yang bisa membuat kabel terjebit dan putus nantinya setelah mobo-nya terpasang kembali dicasing PS2-nya.
Umpamanya seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Okey...
Pemasangan chip-nya sudah selesai, dan selanjutnya pasang kembali mobo PS2 pada casingnya seperti semula.
Pemasangan chip sangat mudah dan simple, yang penting dalam pengerjaannya kita berhati-hati dan teliti.
Dan secara pribadi yang notabene tidak seperti tukang service yang setiap harinya bergelut dengan elektronik dan solder-menyoldersengihnampakgigi, dan jika saya banding-bandingkan....lebih susah beli chip dari pada memasangnyasengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi
Selesai.

2 komentar:

Amin Rosyidi said...

harganya berapa yaa

YUDHISTIRA said...

harganya sekitar 35 sampai 55 ribu