Tuesday, January 22, 2013

MEMPERBAIKI LCD,LED ,LAYAR LAPTOP,lED LAPTOP

Beberapa Pertanyaan seputar Kerusakan layar LCD dan Inverter :
-          Notebook saya Toshiba portage A100, saya mengalami ganguan pada layar LCD, pada layar LCD terdapat warna agak gelap melintang horisontal dari atas kebawah tapi tidak semua, cuma lebar 5 cm ditengah LCD. Bisa tolong dianalisa kerusakannya?.
-          Laptop saya blank, tidak ada pencahayaan sama sekali bisa berjalan normal cuma lcd gelap,. katanya backlight nya rusak,. bagaimana cara mengganti/memperbaikinya,.
-          LCD Laptop saya berkedip atau bergaris.  Apakah kerusakan terjadi pada LCD??? 

Ikuti Tips artikel berikut ini !!!
Berikut  beberapa tips  untuk menganalisa dan mengatasi masalah diatas...


Pengenalan  Umum Inverter

Definisi Inverter secara umum adalah sebuah alat yang mengubah listrik arus searah (DC) ke alternating current (AC)  yang dihasilkan  tegangan dan frekuensi dengan menggunakan transformator yang tepat, switching, dan kontrol sirkuit. Sedangkan inverter LCD laptop adalah sebuah papan sirkuit kecil  (biasanya sebesar pena). Tanpa inverter, cahaya layar LCD  akan terlalu lemah. Dengan mengendalikan output dari inverter, laptop dapat menyesuaikan kecerahan dari layar. Beberapa jenis laptop inverter dapat melakukan ini secara otomatis dengan menggunakan sensor kecil untuk mendeteksi seberapa terang ruangan, dan menyesuaikan output yang sesuai.
Seperti halnya komponen elektronik, kesalahan dapat terjadi dalam laptop inverter, terutama setelah bertahun-tahun digunakan. Gejala umum termasuk layar berkedip-kedip on dan off, layar tampak terlalu lemah untuk membaca, dan bahkan kadang-kadang samar. Perlu dicatat bahwa ada kemungkinan penyebab lain untuk semua gejala ini, yang terbaik laptop didiagnosis oleh teknisi profesional. Jika ditemukan rusak, laptop inverter biasanya bisa diganti.
Setiap model laptop akan memiliki desain inverter tertentu. Mengganti inverter rusak  relatif cepat dan murah, dan biasanya lebih efektif daripada diperbaiki. Proses penggantian hanya melibatkan mengeluarkan layar panel, mencabut inverter tua, dan menggantikannya dengan yang baru. Tetapi persolannya adalah desain / model inverter untuk setiap model dan tipe berbeda-beda, terutama untuk socket penghubung dengan vga card fleksibel.
Hampir semua laptop inverter memiliki built-in GFCI perlindungan (perlindungan kesalahan tanah), yang merupakan karakteristik yang segera mematikan inverter jika lembab atau basah. Perangkat kemudian mengatur ulang kondisi dan berubah dengan sendirinya kembali jika kesulitan telah diselesaikan. The GFCI perlindungan konsumen menghindari dari sengatan listrik dan kemungkinan resiko kebakaran.

Bagaimana Sebuah Kerja Inverter Dalam Laptop ?
Inverter adalah papan sirkuit listrik yang mengkonversi arus searah DC --- --- ke --- AC alternating current. Mereka biasanya ditempatkan di belakang layar LCD di laptop. sirkuit ini memberi energi pada sistem pencahayaan di layar laptop. Ada 3 komponen di layar laptop: layar LCD, bola lampu dan inverter. inverter menyediakan bola lampu dengan daya yang menyala dan meningkatkan warna pada layar LCD. Fungsi lain dari inverter adalah untuk menyimpan arus listrik untuk membuat laptop portabel. inverter ini menggunakan tenaga listrik yang disimpan dalam baterai dan memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop bahkan ketika tidak terhubung ke stopkontak listrik atau sumber listrik langsung.
Metode
Inverter mengubah arus listrik langsung dari searah ke arus bolak-balik. Arus langsung dalam kasus laptop adalah arus disimpan dan disuplai oleh baterai ke dalam osilasi daya atau arus bolak. Hal ini dilakukan oleh osilator ditempatkan dalam sebuah sirkuit listrik. Osilator drive transistor untuk membuat gelombang persegi. Gelombang listrik persegi dimasukkan melalui trafo untuk menghasilkan output yang menyala lampu untuk meningkatkan gambar dan warna pada layar laptop.
Fungsi
Inverter di laptop adalah inverter statis. Ini bukan inverter bergerak dan tidak memiliki bagian yang bergerak. Layar LCD laptop tergantung pada efisiensi inverter. inverter ini memberikan output daya bagi pengguna akhir untuk melakukan penyesuaian dan memodifikasi warna pada layar. Mengkonversi daya dari baterai, dan ini membantu membuat laptop perangkat portabel. Tanpa inverter, laptop akan menjadi besar dan tidak mungkin untuk dibawa. inverter memastikan bahwa pengguna akhir memiliki visibilitas yang lebih baik di layar dan bahwa konsumsi energi rendah.
Keuntungan
Mengisi ulang baterai pada laptop mudah, dan baterai yang terisi penuh berlangsung lama karena inverter. Baterai dapat diisi dengan daya DC ketika pengguna akhir yang bergerak. Laptop dapat diisi ulang di mobil dan di pesawat. Inverter mengubah daya DC 12-volt baterai ke listrik AC 115-volt dan dapat dengan mudah dibebankan dengan cara menghubungkannya ke sumber kekuatan mobil atau pesawat. Inverter memiliki timer shutdown yang melindungi laptop dari tegangan rendah atau kerusakan listrik tegangan tinggi dan kerusakan yang disebabkan oleh perubahan suhu. Inverter melindungi laptop dari kondisi lembab dan basah. Inverter ini menyediakan pasokan listrik yang konsisten, dan output baik untuk hampir dua jam penggunaan.
Pentingnya
Inverter laptop adalah bagian paling penting dari sebuah laptop. Layar LCD membutuhkan inverter untuk meningkatkan visibilitas. Foto dan gambar ditempatkan di layar dengan aksi inverter. Ini memiliki kapasitas untuk memasok tenaga listrik ke layar dari berbagai ukuran. Thinner laptop dengan layar lebih besar yang tersedia karena ini kapasitas fleksibel inverter.
LCD laptop diterangi oleh satu atau dua lampu neon tipis yang membutuhkan tegangan yang lebih tinggi dari pada komponen komputer lainnya. Inverter biasanya ditempatkan dekat dengan lampu, untuk menjaga kekuatan kabel yang pendek. Selain menggunakan inverter beberapa laptop menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya putih (LED). Laptop ini tidak memerlukan inverter sama sekali, karena LED dapat mengangkat cahaya LCD.



Mengenal Gejala Kerusakan Inverter

Tanda-tanda inferter rusak:
1. Biasanya lcd menjadi redup alias buram / tampilan gbr agak gelap
2. Kalau laptop kondisi hidup lcd digerakkan buka tutup gambar agak goyang / berubah.
3. Adanya panas yg tidak normal pada bagian inferter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)

Untuk memastikan bahwa inferter  yg rusak bisa dilakukan langkah-langkah :
1.       Sambungkan Laptop dengan monitor CRT / LCD biasa.
-       Jika gambar bisa tampil normal ke layar monitor, berarti kemungkinan inverternya saja yang rusak bukan pada LCD.
-     Apabila tampilan di layar monitor gambar pecah2 atau ikut goyang berarti vga onboardnya yg bermasalah. Jadi jangan terjebak untuk segera mengganti LCD.
-        Untuk memastikan adalah dengan mencoba membuka cover depan LCD, lepaskan kabel inferter lalu pasang kembali. Masih error nggak ?
2.      Cek Inverter
Untuk mengecek inverter secara manual biasanya dilakukan dengan cara memasang inverter kita pada laptop lain yang sama atau menggunakan inverter yang sama, contoh memasang inverter acer 4730 ke 4710 atau 4715
3.       Cek Flexyble Cable "cable yang menghubungkan LCD dengan inverter dan Mainboard pada laptop"
Cek Kerusakan LCD pada laptop biasanya dilakukan dengan 3 cara diatas, jika langkah pertama tidak ada masalah biasanya kerusakan terjadi pada Inverter dan Flexyble Cable dan, Jika ketiga langkah diatas LCD Laptop masih blank kemungkinan kerusakan pada mainboard anda..Jika anda tidak bisa melakukan ketiga langkah diatas silahkan menuju service Center terdekat anda

Permasalahan LCD LAPTOP dan Inverter Nya ????
Permasalahan LCD pada Laptop sangatlah signifikan,selain konstruksi LCD yang terintegrasi dalam tabung liquite yang dirancang sangat tipis dan rentan,LCD component sircuit(PCB) juga dibuat dari bahan yang sangat tipis dan rentan.....sehingga peluang untuk memperbaiki/service sangatlah kecil...
Ada beberapa kerusakan pada Lcd yang disebabkan bukan oleh Lcd itu sendiri,tetapi disebabkan oleh koneksi pendukung,power,cable,conector,Lcd back light,Lcd inverter atau induksi maupun gismo yang terjadi pada componen ataupun cable Lcd....
Berdasarkan study kasus yang sering terjadi,ada beberapa langkah analisa kerusakan Lcd yang dapat anda lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk mengganti Lcd Laptop anda.....
1.       Layar blank putih (sering terjadi pada Acer 3680series,4520series,2920series)
Gejala ini tampaknya memang seperti gejala Lcd yang bocor. Tetapi juga dapat terjadi akibat induksi maupun gismo yang terjadi pada conector Lcd.
Penanganannya :
·         Buka frame Lcd (biasanya 4baut utama dan 2 baut camera) lepaslah perlahan, perhatikan klip fram yang ada disekeliling frame..
·         Sebaiknya pada saat membuk frame di cungkil menggunakan kuku(tidak menggunakan benda tajam dan keras)...buka baut sasis lcd ...biasanya 3 di sisi kanan dan 3 di sisi kiri.
·         Lepaskan conector cable camera.keluarkan Lcd dari sasis dengan merebahkannya tertelungkup pada laptop keyboard. Diberi alaslah keyboard dengan kain/kertas untuk menghindari goresan pada layar..kemudian lepaskan seltip pengunci cable conector pada bagian belkang LCD. Cabut conector perlahan,kemudian pasang kembali (pelepasan dan pemasangan conector dapat membuang indiksi atau gismo pada terminal cable conector)...hidupkan laptop
jika tahapan tersebut diatas tidak berhasil cobalah tahapan tersebut pada conector LCD cable yang terdapat pada motherboard dengan cara membuka cover pada bagian atas keyboard
khusus untuk merk axioo terutama m54 series...kerusakan pada camera dapat berpengaruh pada Lcd karena interface yang digunakan untuk power camera diambil dari pembagian power dari lcd pada motherboard..
2.       LCD blur/permanen ataupun apabila flip/laptop bergerak Lcd blur/tampilan pecah2
Gejala tersebut diatas sering terjadi pada Axioo M54 series..ini bukanlah kesalahan pada Lcd tetapi terjadinya pemuaian jalur pada conector lcd yang terdapat di motherboard atau pada IC swiching Lcd size setting(perhatikan ada swich controll pengaturan ukuran lcd di sebelah kiri atas dibawah keyboard)
Penanganan : Memberi bantuan koneksi pada jalur yg rusak(cable jumper) atau mengganti ic swiching untuk pengaturan Lcd size controler.
3.       LCD goyang apabila flip/cover bergerak
Gejala ini dapat disebabkan terjadinya kelonggaran pada kabel,conector ataupun adanya cable yang terjepit(biasanya pada engsel). Pergeseran engsel pada kabel yang tidak duduk pada jalurnya dapat mempergenting cable, sehingga ketika flip/engsel bergerak.. perenggangan/pengencangan terjadi pada cable..atau slot conector sudah longgar/aus diakibatkan perengangan/pengencngan kable tadi.
Penanganan : melakukan penggantian cable,conector atau tetap memnggunakan kable yang lama tapi cukup dengan meriposisi cable pada jalur yang sudah tersedia,menghindarkan cable terjepit pada casing pada saat penguncian baut casing.
4.       Back light mati (gelap..sementara bios/window membayang)
Gejala ini disebabkan Back light /neon Lcd tidak menyala.Bisa diakibatkan Lcd neon yang putus,terputusnya koneksi power,inverter tidak berfungsi atau power support untuk inverter tidak memadai....
Pertama-tama lakukan analisa power support untuk inverter dengan menggunakan multitester,aturlah settingan dc power pada multitester untuk 10v..jadikan apa saja elemen besi pada sasis laptop untuk ground.letakkan kabel penguji(hitam)..kemudian kabel penguji power(merah)pada terminal conector inverter..jika anda menemukan tegangan lanjutkan pengujian inverter dengan menguji tegangan yang sudah di step upoleh inverter pada conector neon lcd.jika tidak permasalahan datang dari motherboard support power untuk inverter(cek fius f1/ic swiching atau spliter power)note:autorized technician only..jika anda menemukan tegangan..sudah pasti Lcd neon yang bermasalah,jika tidak anda perlu mengganti inverter(berfungsi sebagai balast/steo up power untuk back light)

berbagai sumber dari agan agan master dunia google,,,dan nyata...maaf saya copy buat referensi....dan memaksimalkan manfaat pemikiran agan ...agan .... 

162 comments :

milagrossurabayabarat said...

gimana cara memperbaiki layar lcd yg bintik2 hitam?

MEDIAPOSITIF said...

bintik bintik hitam bisa karena 2 hal. sayang screenshot nya gak di ikut sertakan ya mas ..z
1.bisa di harware element kimia lcd sudah bocor bisa dari akbibat panas ataupun kotoran debu atau sejenisnya
2.bisa jadi ada cairan yang dapat merusak fisik lcd .
adaa kasus sy terima servisan yang lcdnya bercak seperti bintang bintang dilangit ..pas ditelusuri lcd bocor karena tercebur air danbeliau membersihkannya dengan cairan yang yang terhitung keras .seperti tiner dan sbgnya.semoga membantu

muslih said...

saya punya acer 4552 dengan layar blank putih, tp klo memakai monitor external bisa dan tidak masalah, saya coba praktekan seperti yang diatas,tp tetap aja blank apakah kira-kira lcd saya sudah rusak? atau ada yang lain??? mohon petunjuknya....

MEDIAPOSITIF said...

untuk sdr musih:menurut pengalamanku sih biasanya kalo memang blang putih itu maalah 80% justru di kabel plexsinya yang bisa juga retak atau koneksinya yang kendor atau kurang pas.coba urut atau coba pakei kabel pleksi tetangga yang sama pinnya.kalo tetap resikonya ganti lcd/lednya.semoga membantu

Smeargle said...

mas, saya punya laptop acer aspire one d270, ada bercak hitam di bagian kiri layar... tapi pas sya coba sambungkan ke monitor LCD luar bercak itu tdk ada. intinya bercak cuman ada di LCD laptop saja. bgmn cara penanganannya mas, mohon bantuannya. Via Email aja mas suapaya lebih jelas.
Terima Kasih.

cbram said...

gan, netbook saya Acer AO722, kadang kadang layarnya gelap terang sendiri, tapi kalo layarnya ditekan jadi normal lagi kayanya layarnya kendor, gimana cara baikinnya gan

MEDIAPOSITIF said...

kalo redup terang sendiri ditekan dibagian lcdnya ternyata normal seperti semula bisa di pastikan socket atau sabungan ada yang kendor akibat tutup buka notebook tersebut .alangkah baiknya bila di periksa kabel dan sambungannya serta diusahakan terpatenkan dengan baut yang stanard.sama halnya di dekat kyboard bila di tekanjd normal berarti cob i kencangkan kembali bautnya.tapi bila ditekan masih tidak ada perubahan cob periksa inverternya bos.

widi said...

Axioo saya sejak di nyalakan sudah terang sekali sehingga sangat tidak nyaman ketika sudah masuk OS. Bagaiamana analisa dan pemecahan masalahnya ?

Anonymous said...

saya punya laptop jenis hp tipe pavilion g4, gambr pada layar saya kadang berkedip n goyang, kenapa dengan laptop saya ? bgaimana cara perbaikinya?

Unknown said...

kak, saya pake netbook acer aspire one 522. gak tau kenapa mulai beberapa waktu lalu layarnya suka nggaris2 putih dan kadang jadi negatif. tapi kalo pake monitor external ga masalah, kalo makenya sambil di charge juga normal. itu apa yg rusak inverter ato apa? mohon bimbingannya

Unknown said...

permisi gan mau nanya ini..
tadi aku bongkar laptop toshiba aku karena supplay dari adaptor ke laptop enggak masuk..
setelah aku perbaiki aku punya kendala di LCD yang mati alias blank,tetapi lampu indikator menyala.
dmohon solusinya gan..

kiel said...

permisi gan mau tanya ini,
tadi aku buka laptop aq toshiba,
karena supplay dari adaptor ke laptop sering mati sendiri..
setelah aku bongkar dan di perbaiki aku punya kendala di LCD yang tidak mau nyala alias blank,tetapi lampu indikator dan lampu on masih nyala..
kira2 apanya yang salah ya gan...
mohon solusinya..

sebelumnya terima kasih

Anonymous said...

mas mw tnya,kalo misnya layarnya udh bergaris,trus tba2 jadi blank,kemudian laptopnya sma sekali gk bisa hidup lg, smua data di drive d otomatis ilank smua lha ya kn? gk ada lg file yg tertinggal di drive d ato pun di recycle bin nya kn? mohon bantuannya ya mas... makasi.

Com said...

Gan numpang tanya, lcd laptop saya redup sekitar 4 cm di bagian bawah tapi yang atas masih normal, cuma sebagian aja agak redup.. kira2 masalahnya dimana dan cara mengatasinya

MEDIAPOSITIF said...

untuk yang bsekedar bertanya saya jawab lewat email yaaa...terimakasih

MEDIAPOSITIF said...

aris:::>>> yang pernah saya alami kasus seperti ini ada 2 penyebabnya bagian vertical di inverter dan terkenanya benturan dibagian lcd nah jika memang digaris 4cm itu tidak ada bercak coba ganti dulu inverternya yangaga murah ya sekitar 150 ribu tergantung merk dan lebar lcd kalo masih jelek terpaksa mas harus lebih dalam lagi keluarin dan sekitar 800 rbu..semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

to anony....maaf ya... kasus yang diceritain kayaknya ....hampir tidak mungkin menghapus data pada partisi d > kalo pun rusak systemnya paling di system c > tapi ini mungkin bisa saja terjadi kalo system OS nya (windows)linux) di tempatkan/di install di d > yang pada akhirnya crash atau di hiden virus misalnya .tapi jangan khawatir kalo masih bagus hardisknya data insyaallah bisa dibalikin lagi...semoga membantu terimakasih

MEDIAPOSITIF said...

dek nov...dipastikan memang itu inverternya dek novi dek novi bisa bukanya dan cari sparepartnya .atau bisa pesan di toko online yang memang terpercaya...semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

qiel yth ...coba colokin vga ke monitor biasa ,kalo masih blank coba bersihkan pin pin tembaga yang ada di ram(memory)..setelah dibersihkan dicoba lagi...semoga membantu .....

Anonymous said...

Mas, laptop saya kan hbs kehujanan, ga semua basah sih cuman lcdnya, di lcd ada bercak2 putih ngecap air, setelah dijemur agak berkurang, yg mau saya tanyain, adakah solusi buat ngilangin semua bercak? Thanks mas

MEDIAPOSITIF said...

kalo kena air kayaknya masuk ke lemp kimia atau bisa jadi neonnya yang cacat... coba matiin satu neon yang dianggap bermasalah ...skalo memang neon yang bermasalah ganti aja harga sekitar 120-100 ribu tergantung neon dan banyaknya seemoga membantu

Unknown said...

Agan yang baik hati ,
thosiba c800d lampu LED (monitor) mati,
Inverter nya tidak terpisah,
Langkah saya langsung Ganti LED(monitor display) , ternyata masih tetap gelap.
soket flexy sudah saya chek & di bersihkan,
Tetapi masih tetap layar msh tetap gelap.

Unknown said...

mas laptop saya hp pavilion dm1-4000au. Setelah saya buka casing lcd yg bagian bawah lcd jadi blank putih. Waktu saya buka casingnya di lem sama plastik hitam penutup bagian pinggir lcd

Anonymous said...

lcd saya ada bercak hitam..
ini SSnya http://perangkat-keras-komputer.tokobagus.com/monitors-tft-lcd-plasma/lcd-monitor-lg-dan-ben-q-19-28135078.html
cara mengembalikan?


Ekkiyatna said...

Mas Acer AspireOne saya terdapat garis2 Putih, tapi saat layar dipegang/sedikit ditekan garis tersebut hilang dan normal lagi. klo seperti itu gmana mas? mohon bantuannya mas ..

MEDIAPOSITIF said...

to ekki : kalo dirasa gak pegel mending agan pegang aja..heheh .tapi yang seperti ini kebanyakan retak akibat panasnya led atau terkena benturan yang mengakibatkan retaknya /pecahnya led didalam didalam solusi fokuskan ngoprex di lcd ...dan maaf sepertinya agan harus siap siap untuk ganti lcd ya ..sekitar 450 Ribu untuk daserah bandung ...terimakasih semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

maas agam yang baik hatinya...maaf apa sudah di tes dengan layar monitor lain pake port vga ... jika bagus berarti daya dan data ke lcdnya yang harus di telusuri/dirunut...pengalamanku letaknya di dioda yang short... tapi bisa jadi beda cerita dengan agan ....kalo keadaan matot coba bersihkan ram dengan penghapus pensil ...atau cek prosesor...terimakasih semoga membantu

ombams91@gmail.com said...

saya punya leptop hp pavilion g4 bintik2 hitam kalo pemakian lama jd garis kemudian blur biru setelah dimatikan 2jm normal kembali mohon pencerahan nya

MEDIAPOSITIF said...

om bam..untuk jenis hp awalnya curiga di kabel..tapi rata rata yang kayak gini ...di lcd ..tapi kepatiannya memang harus di cek detail fisiknya untuk gambaran berapa inch ya...lcd diangka baru 800 ribu dan second 550 ribu di daerah bandung..terimakasih .semoga membantu

Azhary Otaku said...

Kalau laptop acer aspire one semuanya ok tapi pas masuk desktop malah blank truss kaadang" ada notif error explorer.exe error blablabla couldnt be written ~
uda saya ikutin langkah"nya update bios, malah gak bisa ~
Udah pernahsih diupdate tapi masih ajah blank =_= ~

Mohon banget pencerahannya kakak >__< ~

Azhary Otaku said...

Aspire one D270 kk >__< ~

MEDIAPOSITIF said...

azhary yang baik.. mengutip dari agan/i masuk desktop malah blank truss...coba pake cd os yang live untuk selamatin data di system atau biasanya C: udah gitu di instal ulang OS atau windowsnya....mohon maaf .dan semoga membantu.....

Anonymous said...

solusinya ganti inverter bos....insyalloh mak nyuus

Anonymous said...

repair cip lcdnya aja

Anonymous said...

Laptop saya acer AO722, layar nya redup. Pada saat dicoba kemonitor lain, baik" saja tidak ada gangguan. Itu inverternya atau lcd nya yang kena? Mohon jawabannya.

MEDIAPOSITIF said...

untuk ao722 jeninya bukan lcd inimah udah terbnaru untuk saat ini yaitu dengan led jadi jenis ini mengahpus inverter .yang ada hanya kabel flexs dan led/monitornya jadi coba susuri kabelnya dulu baru melangkah ke led untuk memastikan yang mana yang dominan ada trouble jangan sampai lupa setingan fn + F9 di coba takutnya setingan cahaya yang kurang di seting kalo langkah tuh ga resolve baiknya periksa lanjutan vga board oleh tekhnisi ahli.

Unknown said...

kalau lcd mati total gmn mas?

tadinya mau ngecek kipas laptop yg mati. trus laptop dibongkar semua. setelah di pasang layarnya malah ga hidup sama sekali. padahal semua kabel sudah tersambung. yg nyala hanya lampu pada tombol power dan gak ada suara sama sekali seperti biasa saat nyalain laptop.

Anonymous said...

Gan ane punya hp dv3 gambar di lcd seperti gambar film negative, sudah ganti flexible baru tetep,ke monitor crt normal, apa harus.ganti lcd apa bs diperbaiki mengingat jenis ini gak pake board inverter terpisah?

MEDIAPOSITIF said...

to ferdi:coba cek koneksi ram dan procesornya atau mungkin bisa di reset bios coba saja kalau tadinya hidup kayaknya hanya doen aja tapi kalo awalnya tampil walaupun sedikit dilayarnya kemungkinan kena di vga boardnya.
to ANY kejadian dv3 itu pernah aku alami mas dan itumah solusinya di lem biru .maaf yaa semoga membantu....

Anonymous said...

punyaq Lenovo G460
tampilan hanya hitam putih seperti retak serta pecah waktu disentuh seperti ada caitran kira" knapa yach??

MEDIAPOSITIF said...

iya itumah bukan kayaknya tapi retak betulan boss ,solusinya ganti lednya kisaran led 650ribu di bandung kalo lcd 900-1juta

Anonymous said...

Mas, saya ada Toshiba Sattelite L510, dihub monitor external normal. LCD nyala putih, tanba tulisan dan gambar, pojok kiri atas ada flex/bercak hitam cukup besar. Setelah saya ganti LCD baru, kok gambar gak keluar juga ya, hanya nyala putih. Pake external monitor normal aja. Apa ini ya mass. Makasih.

MEDIAPOSITIF said...

oke yang blank putih hukum fisik nya ane gak bisa jelasin tapi kayak gini harus di coba kabel fleksibelnya ,mungkin ada yang kejepit.atau putus sambung.sebelum memvonis bag.vga yang kena .dicoba mass

Aldi Masdarmawan said...

Bang kalo punya aku cuman sebelah aja yg gelap kalo gt cara betulinnya gimana ??? Laptopku acer espire

MEDIAPOSITIF said...

ditest di lcd ekst bagus?kalo bagus kemungkinan di lednya tapi kalo sam,a hasilnya kemungkinan di ic vganya

Omgos said...

Mas laptop saya lenovo..semua sistem berjalan normal..hanya saja lampu layarnya gelap./redup...sya bwa ke servis katanya disuruh ganti lcd..tp kendalanya hanya layar nya saja yg redup...apakah harus ganti lcd atau gmn menurut anda?ganti lcd 1jt an...

Anonymous said...

Laptop saya lenovo pak..semua sistem berjalan normal hanya sja lampu layarnya mati/redup...setelah sya bwa ke servis katanya disuruh ganti lcd...pdahal harhanya 1jtan...menurut bpk gmna?kira2 apanya yg rusak...mksh

MEDIAPOSITIF said...

lenovo nya seri apa kalo lcd iya di harga 1 -lebih tapi seri g470 yang pakai led cukup dengan 700 ribu dah dapat .tapi tergantung daerah dan tempat servicenya .

MEDIAPOSITIF said...

bukan hanya g470 tapi bisa seri yang lain hanya membedakan harga lcd dan led ,kalo boleh apa serinya biar di cek led atau lcd?

Unknown said...

Nih solusix ganti aja ic..gmbr yg q bundari
https://www.dropbox.com/s/vuqzfs4fk63zrpq/20140901_101151.jpg?dl=0

boby24 said...

lcd notbook ane terkadang sering berkedip kayak komputer jaman dulu, gamna splusi nya, itu masih bisa di benerin gak?

tania said...

Mas, laptop acer aspire 4740, sblmny, memang sy bongkar, ketika dnyalakn kembali, ternyata ad garis melintang dr atas ke bawah, lebarny krng lbh 5cm, mslhny d mn ya mas? Ap perlu ganti lcd?

Anonymous said...

Mas, mohon bantuan ya,
Laptop saya, acer aspire 4920, di layar monitor muncul tampilan ganda yg munculnya setiap 2 detik-an. Tampilan yg kedua itu muncul-hilang/normal-muncul-hilang/normal..begitu terus selama laptop nyala. Tampilan kedua tsb letaknya 2,5 cm di bawah tampilan yg lain. Dua tampilan tsb sama persis hanya letaknya yg beda dan yg satu lbh tajam dr yg lainnya. Ini tentu sangat mengganggu.
Ketika dicoba dipasang monitor kedua/eksternal, tampilan di monitor yg kedua tsb normal!
Apa penyebabnya? Tlg bantuan pencerahannya. Tks.

Anonymous said...

Mas, mohon bantuan ya,
Laptop saya, acer aspire 4920, di layar monitor muncul tampilan ganda yg munculnya setiap 2 detik-an. Tampilan yg kedua itu muncul-hilang/normal-muncul-hilang/normal..begitu terus selama laptop nyala. Tampilan kedua tsb letaknya 2,5 cm di bawah tampilan yg lain. Dua tampilan tsb sama persis hanya letaknya yg beda dan yg satu lbh tajam dr yg lainnya. Ini tentu sangat mengganggu.
Ketika dicoba dipasang monitor kedua/eksternal, tampilan di monitor yg kedua tsb normal!
Apa penyebabnya? Tlg bantuan pencerahannya. Tks.

MEDIAPOSITIF said...

AO 4920 :1.tahapnya periksa cabl;e fleksibelnya barangkali kurang kencang atau ada yang terjeit
2.tambal tiap sisi dalam dengan lakban {memang cara kumuh exstream tapi sebagian besar cara ini berhasil bagi sebagian tk.service yang nakal}
3.ganti led/lcd anda baru 950ribu /second 700-850 led biasanya lebih murah untuk 14inch hanya 850 ribu yang baru
4.keberanian dan kehati-hatian dalam membuka pasang laptop anda.
terimakasih semoga memnbantu

Unknown said...

Saya mau cari inverter samsung tipe q 25 ada ndak gan?

Unknown said...

mas kalo daya power nya ga nyampe ke inverter mesti kita apain nih, laptop gw ngalamin ini

Anonymous said...

Mas, laptop saya ada bercak2 hijau gitu banyak dan gambarnya jadi tidak jelas. Tidak pernah di bongkar atau kemasukan air. Kira2 itu masalahnya dimana ya?

Unknown said...

mas leptop sy bermasalah di laayar LCD yg dalam posisi nyala tapi layarnya hitam(ga ada warna) tapi pas di colokin ke listrik (charger) LCD nyala lagi (normal). kalo di copot warnanya hilang lagi (hitam)
nah itu masalahnya dimana ya mas? makasih solusinya

MEDIAPOSITIF said...

inverter samsung readdyy gan ..oke untuk uswatunn: ini di seting brithness nya coba di oprek atau seting di power option atur cahaya ketika pake batereai saja atau pake changger.untuk enal: gan dha coba pake inverter lain...?kalau daya gak nyalur coba cari fuse di vga socket lebih jelas cari shematicnya dulu gan.untuk annymaouse heheh:bercak bisa karena debu atau kotoran lai yang masul lewat body screen lcd/led harap maklum kalao yg mau nambahin silahkan di share.semoga membantu terimakasih

Unknown said...

Gini nih gan, saya lagi coba otak atik HP saya via laptop, setelah install sebuah software layar laptop saya kok malah suka kadang" goyang, dan bahkan awalnya blank hitam tp setelah direstart bisa lagi, ini karena software tadi membawa virus atau memang layar laptop saya sudah harus diservice ?

Unknown said...

bos saya punya lcd monitor merk benq lampu power kedip trus layar blank hitam, apa penyebab utamanya dan bagaimana cara mengatasinya,,mohon bantuannya hub di nomor 087757521656

Unknown said...

mas saya punya lapto acer ao751h 11" layarnya gelap, klo disenter kelihatan, saya coba hubungkan ke monitor gak bs, solusinya apa ya mas? mohon bantuannya

Admin said...

mas mohon bantuanya , laptop saya Satelitl740 layar nya terbagi 3 garis pemisanga warna hijau kira-kira 5px
pernama kali kerusakan layar monitor tidak mau menyala setelah saya buka dan di bersihkan meyala tapi layar terbagi 3 dimana sisi kiri dan kan kebalik mas,
mohon solusinya mas

Admin said...

mas leptop saya SatelitL740 Lcdnya Terbagi 3 dimana sisi kiri dan kanan kebalik mas dan garis pemisahnya warna hijau bergaris, kalo peke monitor external normal,
nah kerusakan sebenarnya di mana ya mas LCD apa chipnya ?

Unknown said...

mas kalau ganti led netbook lenovo type flex-10 berapa mas?

Unknown said...

ganti led netbook lenovo type flex-10 brpa mas

Unknown said...

Lcd netbook ana baru ganti tp br satu hari layar mnjdi hitam, terdengar suara y saja, , , layar terlihat sedikit apabila ad cahaya matahari, kira2 knp h ini?

MEDIAPOSITIF said...

untuk M`arif : maaf mass kalibrasi Handphone dalan configurasi display berbeda dengan driver bahkan hardwarenya laptop jadi saya pikir mungkin itlaptop nyesuaikan tampilan HP dengan kemanpuan resolusi laptop yang dia MILIKI .Saranku coba uninstal software yang terakhir terinstal/restore bahkan bila perlu reinstal OS (windowsnya) .kalau itu sudah dilakukan dan masih seperti penyakit itu ...terpaksa siap siap beli led/lcd murhku second angka 400-500 Ribu

MEDIAPOSITIF said...

untuk arief: mass maaf telat responya..oke mass configurasi tampil ke monitor eksternalnya di yakinkan sudah maksimal.contonya .setingan tampil ada di kyboard combinasi fn dengan key F yang bergambar layar.atau setelah di colokan monitor ekst coba matikan dengan paksa lalu nyalakan lagi.kalau masih wayahnya kalau harga led di angka secon 400-500 Rb
lcd diatasnya ...

MEDIAPOSITIF said...

sindanghayu: aih itumah ada pleksi yang kejepit(bukan Urat kejepit ..ya.. heheh} bisa juga patah di lednya,,,baiknya ganti lednya/lcdnya ...maaf

MEDIAPOSITIF said...

untuk zenialda: laptop teh dulu di akuisisi sama IBM jadi rate dan harga tinggi..tapi tenang yang zen berapa inch ? kalau rusaknya di lednya saja masih di bawah 1 jt tapi kalo dah kena touch nya itu yang akan lebih mahal ... semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

untuk maulida :penyakit lcd mbak sepertinya ada yang longgar antara kabel fleksibel dengan socket lednya karena yaa... bisa sering buka tutup.tapi untuk cadangan siapkan bajet 400 rb buat jaga2 takut sudah kena di led akibat coslet

Unknown said...

Gan laptop ane asus tipe k43by lcdnya mati total cuma nyala keyboard smaa tombol power itu kenapa yah? Apa grgr casing deket fleksibel agak terbuka makanyaa gag nyala lcdnya yaa gan? Mohon solusinya gan makasih

Unknown said...

Mas laptop saya acer aspire e1-421, permasalahannya bagian kanan layar agak redup dan agak blur sedikit tetapi bagian kiri layarnya normal" saja kira-kira itu permasalahannya apa? Inverternya bukan? Bagaimana solusinya?
Terima kasih...

Unknown said...

Mas mau nanya..notebook saya HP pavilion yg bs touch screen kmrn abis jatoh dan layarnya lgsg lecet ato ada goresannya gt di layar. Itu berpengaruh sm fungsi touchscreennya ga mas?dan cara ngilangin lecetannya sm merbaikinnya gmn ya?makasih:)

MEDIAPOSITIF said...

untuk hasyir ' asus k43by ,coba agan pasang monitor eksternal via vga/hdmi kalo nyala dan normal tampil di monitor ekst,tandanya bermasalah di vga/kabel fleksi/lednya,tapi untuk awa coba agan bersihkan dulu memory(ram) ,,kao toh pait2nya harus ganti led .led kisaran 675-750ribu ,semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

kalo acer e1-421 jenis led inverter dah menyatu dirangkaian ednya jadi maaf saya yakin acer gan iqbal yg kena adalah lenya ,siapkan anggaran 700 ribu gan...tapi kao mau cobna coba pijit /tekan sisi casing yang gelap tadi di bagian atas dan bawahnya ,semoga membantu. untuk hp pavilion yang touchscreen ketika tidak ada putus jaur kalibrasi /flesibel data di sisi casing tidak putus ,tidak akan berpengaruh daah action sebagai touch,,membersihkan lecet karna gak nyaman aja ya ...gan kalo mau full bersih paling ganti casing kao bersih manual hilangkn lecet belum temui refernsinya gan...maaf ya...

all_theyz said...

bang sy punya asus a43sd tampilan pada monitornya berwarna hijau/merah(pelangi)/distorsi warna tapi bening/bersih d mainin normal gag ada kendala,di coba d monitor xternal tampilannya normal.kira2 itu flexible apa lcdnya yg rusak
terima kasih sebelumnya

all_theyz said...

bang sy punya asus a43sd tampilan pada monitornya berwarna hijau/merah(pelangi)/distorsi warna tapi bening/bersih d mainin normal gag ada kendala,di coba d monitor xternal tampilannya normal.kira2 itu flexible apa lcdnya yg rusak
terima kasih sebelumnya

Unknown said...

siang gan...
maaf ane mw numpang bertanya.. :)
laptop ane Lenovo G400S, gejala awalnya kehujanan terkena air, air masuk ke dalam lcd monitor, lalu ane bersihkan. Setelah dibersihkan, saat ane nyalakan kembali lcd merespon hanya tampilan, tetapi pencahayaannya mati...
ane sudah coba mengetest dgn lcd lain yg normal namun hasilnya tetap sama, begitupun flexiblenya, ane sudah coba dgn yg normal tp tetap sama tampilan lcd merespon dgn tidak ada pencahayaan...

mohon pencerahan gan X_X

Unknown said...

siang gan...
maaf ane mw numpang bertanya.. :)
laptop ane Lenovo G400S, gejala awalnya kehujanan terkena air, air masuk ke dalam lcd monitor, lalu ane bersihkan. Setelah dibersihkan, saat ane nyalakan kembali lcd merespon hanya tampilan, tetapi pencahayaannya mati...
ane sudah coba mengetest dgn lcd lain yg normal namun hasilnya tetap sama, begitupun flexiblenya, ane sudah coba dgn yg normal tp tetap sama tampilan lcd merespon dgn tidak ada pencahayaan...

mohon pencerahan gan X_X

Anonymous said...

Saya punya pengalaman memerbaiki eh memperbaiki lcd laptop acer 4930 yang pareum akibat gosong alias hangus, caranya adalah diganti dengan led fleksibel super brigt 27 cm seharga 35 rb, dipasang aja di tempat neon terus nyalainnya kutub positip led sama baterai disambungin dijamin terang benderang, gmn kang?

Unknown said...

kalo layarnya ada garis hitam kehijauan akibat benturan itu apa solusinya ya ?? apa harus ganti lcd'nya? makasiih..

Anonymous said...

Bang, saya punya hp pavilion g4 pernah jatuh hingga engselnya agak bengkok. Sekarang ini kadang2 layarnya menjadi gelap ketika dinyalakan. Jika ditepuk dibagian belakang bawah baru bisa hidup backlightnya. Kira2 yang bermasalah apanya ya?

MEDIAPOSITIF said...

TO RYAN : MAAF MASS SUDAH COBA PAKE MONITOR EXSTERNAL ..kalau sudah dan masih juga penyakitnya sama ...bisa jadi di chipset vga coba di lepas dan di pasang kembali sebelum itu di lakukan dipastikan dulu koneksi dengan ram danh di test jangan 2 Ramnya yang bermasalah..maaf dan semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

untuk anynomouse :: saluuut dengan ilmu barunya...trimakasih iyayya jadi nayala dan bisa pilih warna lagi..heheheh terimakasih sharenya .
untuk tri : coba mbak tekan tekan atau urut bagiaan pinggir /ujung yang bergaris di kedua sisi ..cara ini ada yang berhasil maupun tidak sebelum memutuskan penggantian led ..kalau gak tega ngurutnya ..coba panggil panti pijat terdekat...heheh

Unknown said...

mas knpa ea laptop acer Aspire E1-431 saya pas saya hidupin lyar ny berwana merah , trus ketika sya bka word ny kertas dan lyar ny ttap berwarna mas , apakah saya harus ganti LCD ny mas ? oalnya sya kurang pham mas , tlong bantuan ny ea mas ..

Unknown said...

mas knpa ea laptop acer saya saat saya hidupin lyar ny berwarna kmerah merahan , trus stelah sya bka aplikasi word ny , ttap ja lyar ny berwarna , word ny jga brwarna mas , apakah saya harus gnti lcd bru mas ? mhon bntuanny ea mas .

Unknown said...

Gan, punya saya HP (gak tau jenis apa). Tiba-tiba layar jadi putih. Saya sudah cek dengan menekan tombol f4 dan tombol lainnya, namun belum juga keluar gambarnya. Bagaimana solusinya ya gan ?

MEDIAPOSITIF said...

dearma dan darma ...kondisis dearma menurut buku tatang sutarma ada 2 jenis kemungkinan 1 ic vga yg retak atau mengalami short ketika panas(overheat)bisa jadi Led ,,,jadi saran ane baiknya dicoba satu2 yg termurah dulu dan dibersihkan langkah praktis cari tukang service yg loyal dan agan percaya.

MEDIAPOSITIF said...

to darma di cek pake monitor biasa bagus gak ,,,colokin kabel monitornya lalu hidupkan kalau normal berearti di lednya kalau masih gak ada nyala coba bersihkan memory(ramnya)

Unknown said...

Mas yudhist, aluminium voil dibelakang LCD ada konektor 2 kabel hitam putih fungsinya apa ya?
Terus shocket isi 8 pin disamping shocket video cable fungsinya untuk apa ya? (lcd merk sams*ng 6D8C12202Q) trimakasih sblumnya... Salam bongkar otodidak.

Unknown said...

mas mau tanya, laptop saya lenovo seri Y, setelah booting masuk desktop 20 detik kemudian layar langsung blank menjadi warna merah, biru, hitam, kuning, hijau secara bergantian, itu kenapa ya ?

MEDIAPOSITIF said...

to adgardf: kabel 2 hitam /putih sepertinya itu antena wifi pak...yang pin 8 bisa inverter atau camera..lebih detailnya upload photonya gan biar kedeteksi....

to andryanto : coba reset bios gan...bagian input data vga di cek...atau kirim file data jpg...video ke email yudhist99@gmail.com...semoga membatu

Anonymous said...

bang laptop saya hp g4 layarnya kalo dilihat dari depan normal, tapi kalo dari samping itu layar kaya ada air, jadi dipinggir2 agak redup yg tengah terang. itu kenapa? apa kerusakan lcd? makasih

Vino computer said...

led sama lcd itu beda
lcd itu ada inventer nya
klu led dia ga bisa di bilang lcd
jadi untuk bisa membedakan dari nama y kita harus tahn nya u spesipikasi laptop kita
mohon maaf cuma pencerahaa

Vino computer said...

Led Sama LCD sama ga..klu beda y dari mana antara led sama lcd
lcd pakai inventer
klu led pake inventer ga...

lendl-erick said...

mas laptop saya merk asus A43SA, lcdnya memudar warna biru kehijauan tapi klw di di gerakkan lcdnya (buka tutup) dia kembali normal. itu kira" apanya ya yg rusak??

lendl-erick said...

mas laptop saya merk asus A43SA, lcdnya memudar warna biru kehijauan tapi klw di di gerakkan lcdnya (buka tutup) dia kembali normal. itu kira" apanya ya yg rusak??

MEDIAPOSITIF said...

lcd kotor atau lemah di led nya dipinggir redup ada yg terang.sarannya bersihkan bagian belakang led setelah di bongkar lednya,,,oke sekarang untuk asus A435s yg kena itu kabel flexcibelnya mass,,mungkin terjepit atau terkunci jadi ada beberapa kabel yg putus sambung,,,lah meni ciga lagunya,,, oke sran ana ganti aja kabel flexcibelnya di pasaran online sekitar 150-200 ribu...mohon maaf dan semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

saya sepakat dengan agan edi maaagf gan ini postingan lama jadi trend sekarang memang sudah ed yang inclued dengan inverter didalamnya untuk lcd memang kebayanakan pakai inverter ,,,walahualam

Unknown said...

Bang numpang tanya, Laptop saya Acer aspire e-14 lagi dipake tiba tiba bagian bawah bergaris2 putih kedip kedip lama lama makin keatas. Terus pas saya restart pas nyala malah ga keluar gambar,cuma garis garis putih-abu2-hitam vertical,sama garis2 pink dan biru horizontal. Padahal sebelum di restart cuma garis putih transparan (gambar masih terlihat agak buram) tapi pas udah direstart malah gitu. Kira kira kenapa bang ?

Unknown said...

Bang numpang tanya, Laptop saya Acer aspire e-14 lagi dipake tiba tiba bagian bawah bergaris2 putih kedip kedip lama lama makin keatas. Terus pas saya restart pas nyala malah ga keluar gambar,cuma garis garis putih-abu2-hitam vertical,sama garis2 pink dan biru horizontal. Padahal sebelum di restart cuma garis putih transparan (gambar masih terlihat agak buram) tapi pas udah direstart malah gitu. Kira kira kenapa bang ?

MEDIAPOSITIF said...

kalo di colokin dengan monitor eksternal bisa tampil sepertinya led abang kena bang...coba buka belakang led yg vertikal-horizontal pakai laban bening kalo masih berarti harus ganti kayaknya bang ....semoga laptopnya baik baik saja dan cepat sembuh

Hasan Safari said...

mlem gan,ane mau tnya nih.. ane pnya laptop acer aspire E1-432,layar lcd buram putih ane cba smbngn ke monitr lcd pk kbel vga ga ke adan normal,,apa lcd nya yg kena dan hrs di gnti?mhon pncerahan nya gan di tnggu,,mksh sblm x..

Hasan Safari said...

mlem gan..,mau minta solusi nya..ane pnya laptop acer aspire E1-432,layar lcd buram putih trs ane cba smbngn ke monitor lcd pc kondisi normal..ap lcd nya hrus di gnti atw ad cra lain untuk mngatasi nya,,mohon pencerahan x gan,mksh sblm x..

MEDIAPOSITIF said...

to hasan : terimakasih telah ikut share dan berkunjung di blog ini ...kondisi buram putih cobak gerak gerakkan layarnya jika ada perubahan lebih baik ...maka kemungkinan 80% di kabel flexcible nya tapi jika tetep buram berarti lapisan di led atau di komponen/lampunya yg bermasalah,,,dengan demikian kayaknya agan harus siapkan anggaran 650ribu untuk ganti led referensi tanya tanya insyaaalh toko amanah di https://www.tokopedia.com/berkahmoeslem tapi sebelum itu coba cek langkah yg tadi ..semoga membantu

Unknown said...

agan ane punya laptop acer e1-470G , problemnya ,
ada garis putih di tengah itu muncul jika bagian bawah plastik pelapis laptop di tekan dia keluar ,
mengatasinua bagaimana apa mur kendor apa gmna ?
yg lain oke kok , sya jd agak bingung klo jd tmbh bnyk itu mas
makasih sebelumnya

Unknown said...

Enter your comment... agan ane punya laptop acer e1-470G , problemnya ,
ada garis putih di tengah itu muncul jika bagian bawah plastik pelapis laptop di tekan dia keluar ,
mengatasinua bagaimana apa mur kendor apa gmna ?
yg lain oke kok , sya jd agak bingung klo jd tmbh bnyk itu mas
makasih sebelumnya

MEDIAPOSITIF said...

to steven mass coba bongikar lcdnya lalu tempelkan stiker /lakban di bagian yang lcd nya bergaris ..yang pernah saya lakukan itu 40 % berhasil.sel;amat mencoba

Unknown said...

Mas Yudhist mau tanya. Laptop saya pernah terbentur dan muncul garis putih di pinggir yang kalau ditekan frame lcd nya, garis akan hilang/pindah (saya belum coba solusi pasang stiker diatas sih). Nah kemudian seminggu belakangan setiap dinyalakan layarnya hitam, apabila saya tekan2 sekitaran frame lcd nya (cukup lama sekitar 30 detik) baru muncul. Menurut tempat servis yang saya datangi, itu pin lcd nya katanya longgar dan mesti ganti lcd. Apa benar ganti lcd solusinya? Karena habis ditekan2 framenya, sebenarnya laptop masih bisa berfungsi normal, namun apabila tersenggol/dibuka tutup akan hilang lg :( terima kasih sebelumnya

MEDIAPOSITIF said...

Buat mba dinda yg baik..maaf mba ..bapak service yg sarannya ganti lcd dag bongkar laptopnya belum?.. kalo denger dari history nya. Mungkin mbak minta atau mba sendiri bongkar bagian lcd laptopnya lalu berinprofisasi di bagian garis putih dengan menekannya yg nantinya diganti dengan stiker/lakban.kalo.untuk yg harus si senggol dulu..prediksi sementara socket kabel lcd dengan pin lcd longgar.mbak masukin lagi di pastikan kuat dan nempel kabel.dengan pin lcd bisa juga untyk mempertegas kuatnya ditambah lakban biar kabelnya diam..selamat memberanikan diri dan mencoba..semiga membantu

Unknown said...

Mas laptop saya layar nya agak terdapat garis garis dari atas kebawah, apa itu termasuk dalam model lcd nya ?
Atau ada kerusakan pada lcd nya?
Mohon bantuannya

Unknown said...

Mas lcd pada laptop saya terdapat garis garis horizontal, namun tidak terlalu nampak. Apakah itu model dari lcd laptop nya. Atau kah ada kerusakan pada lcd nya?
Mohon infonya

MEDIAPOSITIF said...

Buat mas trio. Mas saya kira garis2 horizontal yg digambarkan mas sepertiinya masalah di lcdnya.kalo model lcd seperti itu sya rasa tipis kemungkinan ..co a bandingkan dengan yg sejenis apa.sama dengan punya mass..atau waktu awal beli gejala itu ada gak nah kalo memang gejala.itu dulu atau yg lain gak ada berarti lcd mass sudah menunjukan tanda2 untuk di ganti.
Tapi menurut saya selama itu tidak.menggangu pekerjaan ya gak apa2lah nunggu bajet sudah ada...mohon maaf dan semoga membantu

MEDIAPOSITIF said...

Buat mas trio. Mas saya kira garis2 horizontal yg digambarkan mas sepertiinya masalah di lcdnya.kalo model lcd seperti itu sya rasa tipis kemungkinan ..co a bandingkan dengan yg sejenis apa.sama dengan punya mass..atau waktu awal beli gejala itu ada gak nah kalo memang gejala.itu dulu atau yg lain gak ada berarti lcd mass sudah menunjukan tanda2 untuk di ganti.
Tapi menurut saya selama itu tidak.menggangu pekerjaan ya gak apa2lah nunggu bajet sudah ada...mohon maaf dan semoga membantu

Unknown said...

gan, saya punya netbook axioo kok tiba-tiba layarnya bisa berubah negatif gitu ya?

Galih said...

permisi mas saya mau bertanya
laptop saya lonevo G40... layar pada laptop saya tiba" di tengan ada yg berwarna hitam tetapi transparant seperti di tengan itu cahaya nya kurang.. jika saya coba di monitor lain normal" saja dan di bawah daerah yg hitam transparant itu terasa agk sedikit panas dan di bagian yg normal tidak terasa panas
mohon pencerahannya mas... terima kasih

Unknown said...

mas laptop saya acer E1 -421.
Saat saya nyalakan laptopnya nyala tapi layarnya hitam.
Setelah saya sambung ke Eks Monitor bisa terhubung.
Apa kerusakan laptop saya? dan bagaimana cara mengatasinya?

Anonymous said...

Mas yudihist. Laptop toshiba C800 terus Lcd nya gelap. Kalo pake cahaya baru keliatan tampilan windows nya. Terus ane pasang Lcd external tampilan nya normal..itu kerusakan nya dibagian apa ya mas..

MEDIAPOSITIF said...

to any: bismillah ...sekedar saran ..mass coba pastikan kabel vga nya...yg biasa terjadi di led seperti ini memang led/lcdnya sudah udzur ...maaf ya mass...tapi tidakada salahnya periksa kabel vga takutnya kotor /longgar ..memang lcd yang baiknya di ganti ...mohon maaf dan semoga membantu..

Tes said...

Hi mas Yudhis,

Saya Rafly, saya laptop acer 5943G, bbrp waktu yg lalu matot, lampu indicator ngga ada yg nyala, setelah diservice ternyata ic power ada yg mati. Skrg bermasalah kembali, lampu indicator nyala semua, lcd blank gelap.

Saya coba tes pake external monitor bisa, hanya tampilannya pd saat booting bios ada garis2 lebar, pada saat masuk windows tampilannya berubah menjadi kotak2 kecil yg buaaanyak. Mungkinkah vga? Bisa bantu service mas? Saya lelah....

Anonymous said...

mas layar laptop saya kok tiba tiba blank putih ya ??? tapi kalau digoyang layarnya bisa normal ... kira kira apa masalahnya ?

Astainudin said...

Mas Mohon pencerahannya,laptop sy Acer aspireE14 tiba2 layar led cenderung hijau sepertinya warna merahnya mati. Mohon bantuannya...trims

Boy Net99 said...

saya punya lefebook fujitsu ,di layar monitor
sisi atas dan samping ada warna merah kenapaya mas.

IPdeMagelang said...

Halo, saya Tyo.
Saya mau tanya ni, laptop saya Lenovo G40-70
ketika dinyalakan layarnya hitam, lalu ada sedikit tulisan LENOVO yang muncul di BIOS.
Tulisan tersebut redup sekali, harus dilihat dari angle yang berbeda, setelah tulisan LENOVO hilang (sepertinya sudah masuk windows) layarnya gelap blas.

Sempet bawa ke lenovo center, tapi mahal sekali biayanya..2jt, padahal beli laptop aja 3,9 jt.
apakah itu cukup ganti LCD ataukan rusak VGAnya.

Trims.

IPdeMagelang said...

Halo, saya Tyo.
Saya mau tanya ni, laptop saya Lenovo G40-70
ketika dinyalakan layarnya hitam, lalu ada sedikit tulisan LENOVO yang muncul di BIOS.
Tulisan tersebut redup sekali, harus dilihat dari angle yang berbeda, setelah tulisan LENOVO hilang (sepertinya sudah masuk windows) layarnya gelap blas.

Sempet bawa ke lenovo center, tapi mahal sekali biayanya..2jt, padahal beli laptop aja 3,9 jt.
apakah itu cukup ganti LCD ataukan rusak VGAnya.

Trims.

MEDIAPOSITIF said...

bismillah
untuk tes: maaf mass baiknya memang di tukear tambah saja ketika diservice dengan heating sepertinya chipset kena juga di heat(di hangatin)..jadi kara nge-rembet ..maffayya

untuk mas boy : selama tidak menggangu aktifitas dan dompet it`s oke oke wae ...namun kalau mau ganti juga gak apa 2 kalau mau coba di akalin ...coba bongkar dibersihkan led dari debu dan tutup dengan lakban bagian yang bocor warnanya itu mass...semoga berhasil

untuk mas tyo :mas lenovo g470 mungkin yaa....harganya kisaran 750 ribu ...dari pengalaman ngatasi laptop lenovo cukup dengan bersihkan konektor dulu kalau tidak berhasil ganti led/lcd..mas..kalau di serv/center.. pertaruhannya brand mass..mungkin mass juga maklum...

semoga membantu ...maaf bila keliru wallahua`lam

Unknown said...

mas leptop saya asus,kena air udah lcdnya jadi putih hitam dan bergerak.gimana ya,kalo service kira kira habis berapa

RahayuDewi said...

Assalamualaikum mas mau nanya laptop saya asus ini lampu layarnya mati gelap gitu tapi kalau disenter masih ada muncul gambarnya ... apa ini blacklight nya yang rusak mas... kalau LCD nya sepertinya ga mungkin mas soalnya pas disenter masih ada gambarnya

RahayuDewi said...

Assalamualaikum mas mau nanya laptop saya asus ini lampu layarnya mati gelap gitu tapi kalau disenter masih ada muncul gambarnya ... apa ini blacklight nya yang rusak mas... kalau LCD nya sepertinya ga mungkin mas soalnya pas disenter masih ada gambarnya..

Anonymous said...

Sorry saya Haqi, kang. Mohon bantuannya; acer e1-470 punyaku layar gelap. Kalo diplototin dg cermat, sebenarnya tulisan ada tetapi saaangat redup. Itu masalahnya di apa ya? inverter apa backlight?
Bantuin dong cara ngecek dan nggantinya. Makasih sekali sebelumnya.

Anonymous said...

Sorry saya Haqi, kang. Mohon bantuannya; acer e1-470 punyaku layar gelap. Kalo diplototin dg cermat, sebenarnya tulisan ada tetapi saaangat redup. Itu masalahnya di apa ya? inverter apa backlight?
Bantuin dong cara ngecek dan nggantinya. Makasih sekali sebelumnya.

Anonymous said...

hallo, saya vana
mau nanya nih, saya punya laptop aspire 4750,dilayar monitor sebagian normal namun sebagian nya lagi berwana buram agak kehitaman. itu penyebabnya apa ya? kalo boleh tau apakah harus diganti lcdnya atau ada cara lain untuk memperbaikinya,
terimakasih...

Anonymous said...

halo, nama saya vana,
mau nanya nih penyebab layar laptop saat dinyalakan sebagian normal namun sebagiannya lg buram kehitaman gitu? kalo boleh tau apakah harus diganti lcdnya atau ada cara lain buat mengatasinya?
terim kasih...

Anonymous said...

saya punya beberapa kasus lcd/led acer aspir e2-410, kasus 1. LCD/LED gelap dikasih cahaya lampu kelihatan di LCD/LED.
masalahnya kena obeng di bagian kapasistor di inverter keluar percikan listrik, padam dah..awalnya hidup seperti biasa..dibongkar karena ada garis polisi
itu apanya story sinetronnya mas :D

dea said...

Mas Yudist, laptop saya Compaq Presario CQ43, semalam masih nyala lancar tidak ada gangguan apa-apa, tapi saya lupa mencabut charger ketika mematikan dan saya tinggal tidur

Paginya laptop saya sudah mati total blank hitam, tapi mesin semua nyala bahkan windows nya pun masih kelihatan samar-samar

Itu kenapa ya mas? Bagaimana cara memperbaikinya? Mohon bantuannya. Terima kasih

dea said...

Cek email mas, saya sudah kirim ke Yudist99@gmail.com

dea said...

Mas Yudist, laptop saya Compaq Presario CQ43, semalam masih nyala lancar tidak ada gangguan apa-apa, tapi saya lupa mencabut charger ketika mematikan dan saya tinggal tidur

Paginya laptop saya sudah mati total blank hitam, tapi mesin semua nyala bahkan windows nya pun masih kelihatan samar-samar

Itu kenapa ya mas? Bagaimana cara memperbaikinya? Mohon bantuannya. Terima kasih

dea said...

Mas Yudist, laptop saya Compaq Presario CQ43, semalam masih nyala lancar tidak ada gangguan apa-apa, tapi saya lupa mencabut charger ketika mematikan dan saya tinggal tidur

Paginya laptop saya sudah mati total blank hitam, tapi mesin semua nyala bahkan windows nya pun masih kelihatan samar-samar

Itu kenapa ya mas? Bagaimana cara memperbaikinya? Mohon bantuannya. Terima kasih

dea said...

Mas Yudist, laptop saya Compaq Presario CQ43, semalam masih nyala lancar tidak ada gangguan apa-apa, tapi saya lupa mencabut charger ketika mematikan dan saya tinggal tidur

Paginya laptop saya sudah mati total blank hitam, tapi mesin semua nyala bahkan windows nya pun masih kelihatan samar-samar

Itu kenapa ya mas? Bagaimana cara memperbaikinya? Mohon bantuannya. Terima kasih

dea said...

Cek email mas

dea said...

Tolong cek email mas

Unknown said...

Mas,laptop saya lenovo g400
Saat dinyalakan laptop gelap,tapi tidak gelap total
Monitor masih nampak walau tidak terang
Kerusakannya dimana ya mas??

Unknown said...

Mas,laptop saya lenovo g400
Saat dinyalakan laptop gelap,tapi tidak gelap total
Monitor masih nampak walau tidak terang
Kerusakannya dimana ya mas??

mada said...

halo mas sy alvin ,
saya mau tanya adakah laptop yang tidak pakai inverter , soal nya sy buka laptop sy, didalam nya tidak ada inverter , sya pakai acer E1 421
terimakasih
mohon jawaban nya

Anonymous said...

Lenovo 80e1 kenapa ga ada tanda2 lampu bahwa baterai telah penuh? Atau laptopnya yg rusak? Tolong bantuannya, trms.

Ariittonk said...

bang mau nanya klou leptop saya acer v3 yg core i5 vga 2gb nvidia, gambar tampil pertama, kemudian blur langsung perlahan bergaris dan putih, tapi pas cabut batrey dan nyalakan 85%-100% normal tampil ? tolong pencerahannya

Ariittonk said...

bang klou leptop saya merek laptopnya acer v3 core i5 vga 2 gb invidia, klau dinyalakan pertama muncul gambar kemudian bergaris dan lansung putih tdk ada gambar, pas buka batrey itu bagus 90-100% baik, toling pencerahannya bang?

Ariittonk said...

bang klou leptop saya merek laptopnya acer v3 core i5 vga 2 gb invidia, klau dinyalakan pertama muncul gambar kemudian bergaris dan lansung putih tdk ada gambar, pas buka batrey itu bagus 90-100% baik, toling pencerahannya bang?

Unknown said...

Assalamualaikum anon tolong masukannya laptop saya tuba tiba lednya redup tapi lcdnya masih berfungsi agar terlihat saya memakai senter, agar baik seperti semula bagaimana? Laptop saya tipe lenovo g40-30

Unknown said...

Halo anon sekalian
Mohon masukannya laptop saya lenovo g40-30 lcdnya redup sendiri tapi lcdnya masih terlihat jika pakai senter bagaimana agar bisa terlihat lagi lcdnya tanpa harus pakai senter?

Pencerah said...

kebetulan lcd saya juga lagi ngeblank. smg bisa tercerahkan

Unknown said...

Laptop saya kalo lagi dilihat make senter ada warnya hitam bulet sama garis vertikal hitamnya itu kenapa ya mas

TMugni said...

Mas Yudhist.. Maaf mau nanya..
Laptop saya kan diganti LED nya..
Habis dipasang, dipojok kiri bawah layar ada tulisan seperti Kode Seri..
Setelah saya cek, itu bukan dari plastik pelindung LED..
Apakah itu screen printing, dan termasuk LED yang reject dari pabriknya?
Makasih mas..

Unknown said...

Mas saya mau tanya sanya punya laptop lenovo G40-70 masalahnya di bagian monitor atas saya ada garis hitam kecil itu kira" kenapa ya mas

Anonymous said...

Mas saya mau tanya saya punya laptop lenovo G40-70 di bagian layar atas ada garis hitam kecil itu kira-kira kenapa ya mas.

Terima kasih

Unknown said...

Mas saya mau tanya saya punya laptop lenovo G40-70 di bagian atas layar ada garis hitam kecil itu kira" kenapa ya mas.
Terima kasih

sagarichan said...

permisi gan mau tanya
layar LED ane dibagian kirinya jadi putih sedangkan dibagian kanan normal ..

apakah itu masalah pada backlightnya ?

Unknown said...

Hallo Mas Yudhis,

Mau konsultasi ni mas, led laptop saya redup dan berkedip-kedip terus, laptop saya type Acer E5-475G yg layarnya nyatu dgn inverternya, kira-kira masih bisa diperbaiki ga ya mas?

Unknown said...

Mas sy punya masalah pd laptop dell Inspiron 14. gambar pd layar ada namun gelap. Itu backlight atau gmna ya mas? Gmna solusinya mas?