Wednesday, February 13, 2013

Cara Mempromosikan Produk Secara Online

Cara Mudah Mempromosikan Produk Secara Online


Mempromosikan suatu barang atau produk diinternet memang gampang - gampang susah. Terbukti banyak juga yang berhasil dengan pesat dan ada pula
yang berhasil namun perlu waktu dan kesabaran, semua tidak ada yang tidak berhasil jika kita tekun menjalaninya.

Saya akan memberikan tips yang mungkin dapat berguna untuk sobat berpromosi produk yang akan ditawarkan melalui internet ( secara online ).

1. Iklan Baris Gratis dengan layanan gratisnya, sobat dapat memasarkan produk - produk yang hendak dipasarkan. Seperti pada beberapa situs ini:

- Pasangiklan2.com
- Iklanberita.net
- Iklanmix.com
- dan banyak lagi...

Sobat dapat memcari iklan baris gratis di google dengan mengetikkan pasang iklan gratis makan akan muncul puluhan situs iklan gratis khusus wilayah indonesia, jika ingin memasarkan keseluruh dunia sobat diharuskan memiliki website yang berbahasa inggris atau multi language agar pengunjung yang datang dari luar negri dapat mengetahui maksud dan detail produk yang sobat tawarkan. Untuk mempromosikan produk ke dalam iklan baris luar negri sobat perlu mengetikkan Free Ad Product atau Free Product Promote pada google search atau juga bisa menggunakan yahoo search atau bing untuk mencarinya.

2. Website Directory adalah jasa layanan yang bersifat pengarsipan atau pengumpulan website - website berdasarkan kategori. Ini juga baik digunakan karena banyak yang mempercayai ini dapat meningkatkan kualitas website khususnya website jual beli ( online shop ). Pada cara ini sobat harus memiliki website atau blog pribadi yang mengulas tentang produk yang sobat jual. Seperti beberapa situs ini:

- www.dmegs.com
- www.freewebdirectory.org
- www.freeprwebdirectory.com
- dan banyak lagi...

Jika ingin lebih sobat bisa mencarinya di google dengan mengetikkan Free Web Directory atau Free Site Directory. Dengan demikian sobat dapat mengajukan website sobat kesana secara gratis. Ada yang perlu direview ( pertimbangkan ) ada juga yang tanpa reviw ( langsung aktif ). Sayangnya web directory kebanyakan dari luarnegri karena rata - rata yang berpromosi disana adalah orang luar negri dan produk - produk luar mulai dari makanan, furniture, elektronik, mobil hingga rumah pun ada.

3. Jasa Promosi dengan menggunakan jasa pasti akan dikenakan biaya. Tanpa sobat repot - repot mempromosikan produk dagangan sobat, sobat juga dapat menghemat waktu. Cari ini digunakan hampir oleh setiap produk - produk ternama dan populer, contohnya adalah promosi penjualan handphone, tablet, rumah dan mobil. Dengan omset yang tidak sedikit tentu saja para penjual dan calo produk tersebut berani merogoh kocek hingga jutaan rupiah setiap kali berpromosi diinternet. Ada bermacam - macam jasa promosi dan ada pula yang melakukan kecurangan dan ini sangat disayangkan karena dapat menurunkan kualitas produk itu sendiri. Saya sarankan jika sobat ingin menyewa jasa promosi carilah yang benar - benar bertanggung jawab dan memberikan statistik ( perhitungan mendetail ) mengenai jasa mereka. Jangan sampai sobat tertipu dengan tulisan dan gambar yang menggiurkan.

Berikut ini adalah cara mempromosikan produk melalui Advertise:

* Advertise yang intinya kita mendaftar untuk menjadi pengiklan / pemasang iklan. Ada yang berupa iklan teks, banner / gambar, website bahkan halaman fanspage dan twitter dapat sobat promosikan. Seperti pada situs PPC ( Pay Per Click ), PTC ( Pay To Click ), CPM ( Cost Per Million ) dan banyak lagi. Tapi yang paling diandalkan para pengiklan adalah PTC dan PPC karena para pemasang iklan dapat melihat statistik secara realtime pada dasbor admin. Seperti yang pernah saya tulis pada posting 9 PTC Terbaik Dan Terpercaya dan jika ingin menggunakan jasa layanan PPC sobat bisa menggunakan website lokal seperti:

- PPCindo.com
- Sitti.co.id
- Bagus.co
- BloggerBersatu.com

Dan untuk yang berminat mempromosikan produk keseluruh dunia dapat menggunakan layanan PPC dari AdHitz.com dan contohnya bisa sobat lihat pada bagian atas blog ini, ya itu adalah iklan dari AdHitz yang saya pasang pada blog ini. Saya mendaftar sebagai Publisher ( pemublikasi iklan ), jika anda berkenan menjadi Advertise ( pemasang iklan ) sobat dapat memilih paket - paket yang ada disana untuk dapat memasarkan produk sobat dan iklan sobat bukan hanya tampil pada blog ini, namun pada seluruh blog dan website yang sobat pilih untuk menampilkan iklan produk sobat. Semua listing website - website member AdHitz bisa sobat telusuri mulai dari pemilihan wilayah ( GEO Targeting ) hinnga yang memiliki traffic tinggi ( Ranking ). Jangan khawatir, AdHitz sudah digunakan ratusan ribu blogger dan webmaster diseluruh penjuru dunia. Sobat tidak dikenakan biaya oleh AdHitz jika iklan yang sobat pasang tidak diklik atau dilakukan kecurangan oleh si publisher.

Selain itu, sobat juga dapat mempromosikan produk sobat disitus - situs mobile ( wapsite ) tentu dengan menjadi Advertise disitus PPC mobile juga seperti:

- Mobgold.com
- Buzzcity.com
- Inmobi.com
- Smaato.com
- Adiquity.com
- Mobday.com
- dan banyak lagi...

Dengan demikian promosi sobat dapat lebih mudah, stabil, real, nyaman, aman dan terutama menghemat waktu.

Info: Untuk dapat menjadi Advertise ( pemasang iklan ) pada situs - situs tertentu sobat diwajibkan memiliki alat transaksi / pembayaran online seperti Paypal dan Payza. Juga memiliki website / blog yang membahas mengenai produk yang diproduksi. Ini wajib dimiliki jika sobat ingin terjun ke dunia pembisnis internet.

Semoga tulisan ini dapat membantu sobat untuk dapat memajukan produk yang akan landing ke dunia maya / internet. Saya rasa sudah cukup, jika ada pembaruan pada pemikiran saya akan update lagi. :)

1 comments :

totopermadi said...

klo untuk menuju pasar brunei or malaysia bagaimana?