Thursday, July 18, 2013

mengatasi laptop/notebook mati /blank indikatr led nyala

Jika laptop mati dalam artian tidak ada reaksi yang muncul pada layar, kerusakan laptop ini masih terbagi dua yaitu laptop mati total dan laptop hidup tapi tidak ada tampilan. Jika laptop mati total maka arahkan
pikiran mulai dari power adapter. Jika hidup tapi tidak ada tampilan artinya masalah strom listrik masih ada. Artikel ini adalah sambungan dari 12 Kerusakan Hardware Laptop Yang Paling Umum Dan Solusinya
 Berikut adalah cara mengatasi keduanya;
 Kasus #1. Kasus laptop mati total alias matot
Saat Anda menyambungkan adaptor daya dan tekan pada tombol power, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Laptop tidak mengeluarkan suara tertentu yang seperti biasa, LED tidak menyala, kipas tidak berputar, layar kosong dan hitam, dll … Singkatnya, laptop mati total.
Apa yang dapat Anda lakukan dalam kasus ini?
  1. Pastikan outlet listrik berfungsi atau tidak, dan pastikan adaptor laptop DC mendapatkan daya dari stopkontak. Coba stopkontak.
  2. Uji adaptor laptop daya DC, pastikan tegangan output benar. Anda dapat menguji adaptor daya DC dengan voltmeter.
  3. Katakanlah adaptor DC baik-baik saja dan tegangan output adaptor benar. Dalam hal ini coba cabut power adapter dari laptop, keluarkan baterai, tunggu 1-2 menit, pasang di adaptor dan coba menyalakan laptop lagi.OK, adaptor sudah diuji dan itu ternyata rusak. Jika Anda memutuskan untuk mengganti adaptor DC asli dengan yang generik, Anda harus mengikuti aturan ini:
    Output tegangan pada adaptor baru Anda harus persis sama dengan pada adaptor asli. Ampere pada adaptor baru bisa sama atau lebih tinggi.Jika tidak membantu dan laptop masih mati, tampaknya motherboard ada dalam masalah  atau ada masalah dengan jack DC daya. Ada kemungkinan jack DC daya rusak dan motherboard tidak mendapatkan pasokan listrik apapun dari adaptor. Dalam hal ini Anda harus membongkar laptop dan mengganti jack listrik.
Kasus #2. Laptop Hidup tapi layar blank
Ketika Anda mencolokkan adaptor daya DC dan tekan pada tombol power, laptop mulai membuat suara-suara normal, LED bekerja dengan benar, tetapi tidak ada yang muncul di layar. Laptop tidak start dengan benar.
 lapgop mati
Pertama-tama, kita lihat lebih dekat pada layar LCD. Lihat di layar di bawah cahaya terang. Ada kemungkinan bahwa gambar masih di layar tapi sangat samar.
laptop mati total
Jika pengamatan menunjukkan tidak ada gambar sama sekali di layar LCD laptop, coba uji laptop dengan menggunakan monitor eksternal. Setelah monitor eksternal terpasang tekan tombol power laptop. Ketika laptop sudah nyala setting ke layar eksternal dengan menekan Fn dan tombol F4 secara bersamaan pada laptop HP, Fn dan tombol F5 pada laptop Toshiba, Fn dan tombol F7 pada laptop IBM. Tergantung permintaan laptop anda. Laptop lain dapat menggunakan kombinasi tombol yang berbeda.
Katakanlah monitor eksternal bekerja dengan baik tetapi layar LCD internal tidak ada tampilan sama sekali. Jika itu yang terjadi, masalah Anda bisa berhubungan dengan layar LCD atau kabel video. Juga, pastikan kabel video membuat hubungan baik dengan motherboard dan layar LCD. Coba buka laptop dan perbaiki kedudukan kabel lalu tes lagi.
 laptop mati total
Jika kedua monitor tidak ada tampilan, berarti masalah tidak terkait dengan layar LCD atau kabel video. Dari pengalaman saya, masalah ini biasanya terkait dengan memori laptop.
 laptop mati total
Coba buka dan pasang kembali modul memori, mungkin tidak terpasang baik pada slot memori. Cobalah membersihkan kontak pada modul memori dengan penghapus pensil. Coba pindahkan modul memori ke slot yang lain. Cobalah mengganti modul memori dengan modul lain yang masih baik, mungkin modul asli sudah rusak.
Jika Anda memiliki dua modul memori terinstal, anda dapat mencoba melepas satu per satu lalu tes lagi, mungkin salah satu modul rusak. Coba pasang modul memori yang berbeda ke dalam slot memori yang berbeda.
Jika tes memori ini tidak juga berhasil, maka sekarang kita pindah lokasi sebab ternyata ada kerusakan lain
 laptop mati total
Coba keluarkan battery, hard drive dan DVD drive dan turn on lagi laptop tanpa komponen tadi.
 laptop mati total
Juga, cobalah menyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video internal dicabut dari motherboard. Jika laptop start dengan monitor eksternal, tampaknya ada sesuatu yang salah dengan panel layar laptop.
 laptop mati total
Jika melepas hard drive dan DVD drive, mencabut kabel video tidak membantu, lanjutkan dengan melepas kartu wireless, modem, keyboard.
 laptop mati total
Jika sampai disini laptop masih bermasalah, sekarang keluarkan mainboard dari tempatnya dan tes dalam keadaan minim komponen. Gunakan monitor ekxternal.
 laptop mati total
Lakukan tes seperti gambar di atas. Jika kipas pendingin jalan tetapi tetap tidak ada tampilan, chip vga rusak atau mainboard rusak. Lanjutkan dengan mengganti chip vga.

109 comments :

Tari said...

wahhh tengkyu FN + F4 nya... :D laptopnya udah nyala :)

baburinix! said...

wah makasih gan! atas pencerahannya

Anonymous said...

Laptop gue gak ada gambarnya tapi masih ada kursornya, gimana itu?

MEDIAPOSITIF said...

mungkin start up nya yang kebanyakan ..coba mas matikan lau hidupkan dan tekan tekan f8 nanti kalau dah ada pilihan .pilih safe mode nah di tampilan ini silahkan hilangkan startup yang gak pentuing/service yan g gak perlu bahkan kalau mau bikin user acount yang baru .
semoga membantu

Anonymous said...

kalo leptop gabisa tampil juga di monitor external gimana ?
tapi led nya masi nyala + masih bisa sleep jga leptopnya ,,

Unknown said...

Laptop ane nyala. Tp ga muncul2 layar bootingnya... Layarnya itamitam...gmna ya??

MEDIAPOSITIF said...

anonim/// bersihkan komponen di RAM /memory lalu coba lagi. cara test nya misal masuk ke bios .
to gan betrand:
colokan/koneksikan laptop ke monitor pc baik pake vga atau hdmi cable .ditest lagi apa masih blank??? kalo blank bersihkan ramnya lalu test lagi....step terusannya coba dulu itu

Awin said...

terima kasih atas infonya, sangat membantu.

Putri yasmin said...

Ram asus ane ram tanam gan. Tapi kalo leptopnya udah lama gak di hidupin narmal lahi han itu tandanya apa gan
Mohon han pencerahannya

MEDIAPOSITIF said...

to muhammad adunn : ram tanam atau polimer sepertinya kurang begitu saya curigai,malah di komponen regulator dan ic vga yang saya asumsikan short,,coba periksa bagian itu mungkin ada komponen yang short setelah dibersihkan dari kotoran ,,,kalau takut bertambah ....layaknya di bawa ke tukang service yang amananah ...mudah mudahan membantu...termakasih

ACEP SYAIFULLAH said...

Saya mau tanya, kenapa laptop saya gag mau hidup, tp lampu indikator ya menyala kipas ya gag idup gag ada reaksi apapun? Mohon bantuan ya

MEDIAPOSITIF said...

bersihkan komponen di RAM /memory lalu coba lagi. cara test nya misal masuk ke bios .
to gan betrand:
colokan/koneksikan laptop ke monitor pc baik pake vga atau hdmi cable .ditest lagi apa masih blank??? kalo blank bersihkan ramnya lalu test lagi....step terusannya coba dulu itu

Ui killua Ryuseiran said...

Kak, gimana kalo keyboard tidak berfungsi? Aku udah teken F8 berulang kali tapi nggak masuk-masuk juga ke tampilan safe mode? Mohon bantuannya

MEDIAPOSITIF said...

kak ui yg baik hati ,coba pakai fn bersamaan atau untuk lebih yakin pakai keyboard eksternal usb ,mana tau keyboardnya yg bermaaslah,,semoga membantu dan laptoppnya cepat sembuh

Unknown said...

Makasih gan. Laptop langsung nyalaaa. Barokah :D

FitriSoediman said...

kak, tolong reply pertanyaan aku ya. Laptop aku sony vaio, aku nyalain tapi layar nya hitam, power nya nyala, lampu indikator nya juga nyala, mesin dan kipas nya juga nyala. bagaimana solusi nya? terimakasih

MEDIAPOSITIF said...

mbAK FITRI ; COBA pakai monitor pc / monitor eksternal di colokin ke lubang vga/hdmi laptop lalau nyalakan ...kalau tidak nyala coba buka laptop bagian memory/ram bersihgkan dengan penghapus pinsil ...pasang kembali dan nyalakan ...step selanjutnya pengentahu reaksi apa setelah mbak coba tips diatas 60 % berhasil kalau bukan kerusakan di chipset atau jalur modbo lain
..semoga membantu

Unknown said...

Leptop saya lenovo. Semalam ketiduran lupa matikan leptop dan leptop ke carger semalaman . Besoknya layar sama sekali tidak menyala tapi lampu power hidup dan lampu charger hidup padahal saya sudah mencabut chargernya. Mnta solusinya gan .makasih

Baca Online dan Seputar Blog said...

Mas mau tanya. Laptop saya kemaren mati setelah sleep. Saya hidupkan lagi tidak bisa nyala tapi lampu indikator hidup, sedangkan bunyi bootingnya juga tidak ada. Saya sudah coba copot batre, tekan power 30 dkt, pasang batre dan charge tp sama aja cuma lampunya aja yg hidup. Saya tunggu beberapa jam terus saya coba hidupkan ternyata bisa hidup normal. Karena saya kira laptop saya mengalami deep sleep, jadi saya atur agar tidak pernah sleep. Setelah shut down, saya coba hidupkan lagi kumat lagi mas. Tapi kalo nunggu beberapa jam dulu bisa nyala normal. Kira kira solusinya gimana ya? Terimakasih

Unknown said...

Gimana cara mengatasi laptop tdk menyala sedangkan indikator led menyala lalu tekan tombol power tdk ada respon sama sekali

Unknown said...

Gimana cara mengatasi laptop tdk menyala sedangkan indikator led menyala lalu tekan tombol power tdk ada respon sama sekali

RiezkaKawaii said...

Mas mohon bantuannya laptop saya lenovo G480 layar mati kipas nyala power nyala jika dicolokin ke lcd eksternal bisa berfungsi dengan baik. Bagaimana cara memperbaiki? Apakah harus mengganti led nya?

Unknown said...

Mas mau nanya, notebook saya kenapa ya..lampu indikator menyala, tapi mesin no respon, layar apalagi..hitam kelam ga hidup mas...sebelumnya hidup aja, terus pas mau ngajar speaker yang kecil ga bisa, akhirnya cabut pasang pake speaker + semacam mesin yang bisa dipakein mikrofon...ga berapa lama orak atik..notebook saya ga bisa diapa2in..reset ga bisa, layar mati..cuma lampu idikator yang nyala...selama berjam2 nyala mas..terus juga kondisi notebook ga panas/hangat layaknya kalo power on..
Kira2 kenapa ya mas? Apa mungkin arus balik?? Soalnya tu speaker tip itu pasangnya dicolok k listrik dan ad pake daya batrai juga..sediiiih...
Makasih mas.
Salam

Unknown said...

Kak, tlf reply, laptop aku axioo neon, pas dinyalakan lamppu ppower nya hidup sama indikatornya tapi langsung mati

Unknown said...

mau tanya boss kalo laptop d pasang kabel power trus power lednya nyala sama indikator nyala tapi kadang berkedip bersamaan, trus ketika di tekan power button fan ga mau bergerak (mobo tidak hidup), mohon penjelasannya

Unknown said...

mau tanya boss kalo laptop d pasang kabel power trus power lednya nyala sama indikator nyala tapi kadang berkedip bersamaan, trus ketika di tekan power button fan ga mau bergerak (mobo tidak hidup), mohon penjelasannya

Unknown said...

Gan, Laptop gue Acer Aspire E 14/ E5-471-347W , susah banget nyalanya, harus berkali-kali tekan tombol power nya, itu pun lampu indikator.a sj yang menyala. Layar tidak ada tampilan. Kira2 apanya gan.

MEDIAPOSITIF said...

untuk mas farid : bismillah ..gan saran saya coba agan periksa/coba pakai raam /memori yg dipastikan memorinya dalam keadaan baik... kalo masih juga coba hanganatkan bagian chipset ..tapi setelah agan coba cara yg diatas dengan memastikan pakai ram yg jelas baik dan koneksikan dengan monitor eksternal,, mohon maaf bila ada kekeliruan ,, semoga membantu

Unknown said...

[Ask]
Laptop saya Acer aspire e1-422
Tadi pas saya pulang sekolah, saya buka laptop. Setelah saya ON kan, layar Blank, LED Indicator nyala, kipas normal. Terus saya coba bersihkan RAM Pke penghapus sama kertas. Dan tetap tidak nyala. Itu kira² masalahnya dimana? Saya takut mau bongkar laptop nanti malah ga bisa nyala (mati total)
Tolong segera dibalas thx...

Unknown said...

Mas kenapa yaa..
Laptop saya dinyalakan kaga ada yang muncul.
Tapi flashnya nyala terus kaya diemin sampai 2jam malah yang ada pasnas laptop saya..
Laptop lenovo G400 mas

surveyor said...

Leptop saya lampu power dan batreinya nyala gan tapi layar dan kipasnya mati tampa ada suara bip juga apanya yah gan?

surveyor said...

Leptop saya lampu power dan batreinya nyala gan tapi layar dan kipasnya mati tampa ada suara bip juga apanya yah gan?

Unknown said...

saya punya netbook seri np nc108 kondisi mati tapi pas aku colokin cas, lampu indikator cas nyala dan bila ditekan tombol on/off lampu indikator nyala biru tapi gak ada gerakan sama sekali dalam mesin dan tidak ada tampilan sama sekali, itu rusak apanya ya gan? gimana solusinya? makasih

Unknown said...

Kak tolong rply ya.notebook saya asus. Semalam ketiduran lupa matikan leptop dan carger nempel semalaman . pas saya bangun saya restart. layar menyala tulisan asus . tp ga ada gerakan lain lagi cuma tulisan gitu terus ga berubah apa apa. Gimana ya kak mohon bantuannya

Novi anggeline tan said...

Layar laptop blank , g ad bunyi booting, tp lmpu power nyala. (axioo). Knp y mas

Unknown said...

minta nomer hapenya master ...laptop ak axioo neon rnw...layar blank hitam tapi lampu power idup dvd jalan lampu indikator baterai idup wifi idup...tapi kenapa blank ya gk bunyi beepp...trus tadinya sich mo install wind 7 setel biosny ke usb pas enter layar blank master....mohon pencerahannya mastahh.......

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Tolong replay pertanyaan saya master.. laptop saya asus a451l. Saya nyalakan lampu indikator nyala cuma layar hitam. Saya coba menggunakan hdmi ternyata bisa nyala. Alias terbuka windows. Jadi ini lcd laptop saya kenapa ya?? Mohon bantuanya.

Anonymous said...

Tolong bantuanya dong.. laptop saya asus a451l. Saya nyalakan power laptop saya nyala namun layar gelap hitam.. saya coba menggunakan hdmi ternyata bisa.. di layar monitor pc saya.. jd lcd laptop saya kenapa ya tidak mau nyala. Alias gelap.. mohon bantuannya makasih

Anonymous said...

Laptop saya lacar nya tidak menyala, tapi tombol power nya nyala gimna ya? laptop saya laptop acerr, waktu siang saya pake lancar, waktu sianh batre sisa 20 % terus saya matikan, ketika saya cas sampe penuh , layar laptop tidak ada gambar sama sekali

Anonymous said...

Puji Tuhan terima kasih mas laptop saya hampir matot tapi udah pulih berkat sarannya

Unknown said...

Help..leptop saya lenovo.kondisi masih nyala lednya..tp monitor mati..gimana gan cara mbuka monitornya...

Unknown said...

Kak tolong please

elviharianti said...

Kk laptop sya hidup normal tapi layar gelap klu di snter bru kliatan gmbrnya
Udh gnti kbel flksi jg g ngruh
Kranya apnya yg rusak

elviharianti said...

Klu laptop nyala tapi layar gelap
Klu di senter bru kliatan gmbarnya
Smuanya normal
Udh gnti kbel flksi ga ngruh
Mohon bantuannya

Unknown said...

Gan mau nanya notebook saya kalau di nyalain tdk bisa nyala dan kipasnya juga tidak nyala kira-kira masalahnya dimana? Perly bantuanya

Unknown said...

Gan mau nanya notebook saya kalau di nyalain tdk bisa nyala dan kipasnya juga tidak nyala kira-kira masalahnya dimana? Perly bantuanya

MahasiswiUNPAD said...

Gan, notebook saya layarnya mati total, tp tombol power hidup. trs kalo di charg masuk lampunya nyala. itu gmana gan solusinya ? saya bner2 lg butuh

MahasiswiUNPAD said...

Gan, notebook saya layarnya mati total, tp tombol power hidup. trs kalo di charg masuk lampunya nyala. itu gmana gan solusinya ? saya bner2 lg butuh

xxx said...

@blank lcd, kipas dan lampu indikator normal!! coba cek lampu hardisk, jika lampu hardisk tidak menyala dan tidak ada bunyi beep!!! masalah terjadi pada bios, bisa jadi baterai atau chip bios. sy pernah ketemu masalah ini pada leptop toshiba, caranya dengan melepasa baterai leptop dan adaptor kemudian tekan tombol power skitar 30 detik, kemudian batrai/adaptor dipasang lagi trus dihidupkan, lihat lampu hardisk!!! jika lampu hardisk berkedip maka tunggu saja paling lama 5 menit leptop akan menyala, setelah login windows!!!! coba untuk mengurangi kapasitas partisi system, asumsi sy kemaren karena kapasistas partisi sistem terlalu besar dan hardisk juga sudah tua. sekarang leptop sudah berjalan normal jika dihidup matikan berulang kali. semoga membantu :-)

Unknown said...

Gan, saya punya laptop hp. Pas saya liat ke arah layar tidak ada warna layar. Itu harus pake monitor eksternal kan. Monitor eksternal itu semacam proyektor? Yang menggunakan kabel biru. Bantu jawab gan. Lagi butuh bgt nih....

john_dawil said...

Hallo Mas<laptop sy merk Acer mati hidup..............tolong dong mas gmn cara nya.

makasih sebelumnya....salamsukses

Unknown said...

Kak mnta tlong ni..leptop sma lenovo..awalnya tdk ada tanda apa2..sya tinggal lpa tdk di sleep atau shutdown..skg lyarnya g nyala..tp lmpu power dan btrainya msh nyala..gmn solusinya kak?help me please

Unknown said...

Mas laptop saya asus.ram tanam , saya nambahin 1 ram lg , nah akhir ini sering mati sendiri. Saya coba copot ram eksternalnya malah laptopnya cuma layar item tp lampu tetep nyala mohon pencerahannya mas

Unknown said...

Mas laptop saya asus.ram tanam , saya nambahin 1 ram lg , nah akhir ini sering mati sendiri. Saya coba copot ram eksternalnya malah laptopnya cuma layar item tp lampu tetep nyala mohon pencerahannya mas

Unknown said...

Tolong bantu gan. Notebook tk mau hidup lampu indikator batrai sama power nya kedip kedip. Gimana solusinya gan

nasrullah said...

mas, laptop saya acer one 725,lcd@ gelap tapi hidup, kalau di senter berjalan dengan baik,cman lampu@ ga hidup,, solusi@ gmna mas,,,makasi mas
,,
mohon jawabannya

Agustinus Veriyanto said...

notebook saya brmerk asus, ram 2 Giga,,,lyarnya blank,,,ada dua lampunya yang menyala saat di-on,,,terus gak ada bunyinya saat dinyalakan dan kipasnya juga gak jalan,,,,sudah kucoba pake layar mnitor ekstrenal tapi tidak terbaca juga...mohon penjelasannya!!

Agustinus Veriyanto said...

tolpong ya mas...

Unknown said...

kak tolong yang saya, kalo di pencet tombol powernya nyala :(

Unknown said...

Slmt mlm gan.. Ane mau nanya nii.. Laptop ane merek nya lenovo thinkped.. Mslh nya kalu di carjer lampu nya nyala tp kalau di nyalain laptop nya lampu nya kedap, kedip, kipas nya nyala tp sebentar doank nyala nya lalu mati lagi ditambah layar jg nya blank.. Minta solusi nya gan.. Terimakasih

Radar Militer said...

gan mau nanya, asus ane dimatiin tp tetep di cas lah paginya nggak nyala monitornya, tapi lampu power kipas dan hardisknya nyala gmn cara benerinnya ya?thanks

Unknown said...

Min tolong bantu ya..
Klo laptop saya pas di nyalakan mesin dan kipasnya bekerja tapi hanya bentar aja, langsung mati lagi.. n layarnya jga gkk mau nyala...

Masalahnya apa ya??

Unknown said...

Min tolong bantu ya..
Klo laptop saya pas di nyalakan mesin dan kipasnya bekerja tapi hanya bentar aja, langsung mati lagi.. n layarnya jga gkk mau nyala...

Masalahnya apa ya??

Kiky Rizky Ameliaputri said...

Mas mau tanya, ini laptop saya monitornya mati tapi keyboardnya masih nyala. Terus udh saya servise tp masih ttep aja. Sampe bolak balik ke toko servisnya. Mungkin ada yg tau, mohon bantuanyaa :) soalnya capek bolak balik ke toko servise nya.

Unknown said...

Laptop ku. Pas di Tekan Power Menyala lalu mati lagi lampu power nya. Tpi pas saya coba kdang menyala laptop. Tpi pas sudah saya shut down and nyalakan lagi. Lampu power nyala tpi mati lagi. Dan laptop mati

Rhidwan Mohamad said...

numpang nanya?
ana punya tab, tab dinayalakan normal menyala setelah beberapa menit lampu layar meredup dan kemudian gelap,,,,setalah ditekan tombol power tab nyala lagi tapi redup lagi ,hal tersebut berulang lagi dan lagi
gan gimana cara mengatasi tab yang seperti itu dan jenis apa kerusakanya ?

Rhidwan Mohamad said...

tes

Unknown said...

laptop saya blan karna sering sleep in waktu dihidupkan cuma 1 tombol power yang menyala .waktu di matiin paksa tiba2 hidup lagi dengan keadaan yang sama .penyebabnya apa ya dan gimana caranya




Unknown said...

gan saya sudah masukin monitor eksternalnya truss berhasil saya cabut lagi pas saya coba lagi laptopnya ga nyambung ke monitor eksternalnya padahal kabel koneksinya tidak rusak solusinya gimana gan?

Panca Ananda Putra said...

Laptop gue mati tapi lapi led hidup kipasnya juga hidup saya juga gunakan mrtode monitor eksternal gak bisa juga min
Gimana yaa caranya...? Sebelum laptop saya mati saya sempat main harvest moon eh tiba tiba Layarnya bergaris garis gitu min
Saya juga gak ngerti tentang hal beginian hehehe ajarin yakk

Unknown said...

Gan kalo ram nya ada 2 terus ramnya saya pindahin satu dengan yg lainnya kira kira bisa ga ya? Terimakasih.

MEDIAPOSITIF said...

sip dicoba gan ...bisa\

Anonymous said...

Makasih, ,work gan, (modal nekat bongkar)

Opini Kita said...

Gan, kalo sy punya ini merknya samsung, indikator cas n powernya nyala, kipas hanya nyala sebentar kemudian berhenti. Cara2 di atas sdh sy coba selain pake monitor eksternal. Mhn pencerahannya. makasih sblumnya

Opini Kita said...

Gan, laptop sy merknya samsung, indikator cas n power nyala, kipas nyala sebenter kemudian berhenti. Cara di atas sdh sy coba kecuali yg pake monitor eksternal dan vga. Mhn pencerahannya. Makasih sblmnya

Opini Kita said...

Gan, laptop sy merknya samsung, indikator cas n power nyala, kipas nyala sebenter kemudian berhenti. Cara di atas sdh sy coba kecuali yg pake monitor eksternal dan vga. Mhn pencerahannya. Makasih sblmnya

Anonymous said...

Min mau tanya. Saya ada ideapad s205. Waktu sementara dipakai kerja tiba" hang dan lansung saya matikan dengan menekan tombol power lama. Ketika saya hidupkan lagi udah black screen aja. Led power nyala, hardisk masih beroperasi. Tetapi kipasnya hanya nyala bentar aja truss mati. Sudah ku preteli satu persatu dan di nyalakan tetap aja gak ketemu masalahnya. Itu solusinya gimana min?

Anonymous said...

Min mau tanya. Saya ada ideapad s205. Waktu sementara dipakai kerja tiba" hang dan lansung saya matikan dengan menekan tombol power lama. Ketika saya hidupkan lagi udah black screen aja. Led power nyala, hardisk masih beroperasi. Tetapi kipasnya hanya nyala bentar aja truss mati. Sudah ku preteli satu persatu dan di nyalakan tetap aja gak ketemu masalahnya. Itu solusinya gimana min?

Rahman said...

Min mau tanya. Saya ada ideapad s205. Waktu sementara dipakai kerja tiba" hang dan lansung saya matikan dengan menekan tombol power lama. Ketika saya hidupkan lagi udah black screen aja. Led power nyala, hardisk masih beroperasi. Tetapi kipasnya hanya nyala bentar aja truss mati. Sudah ku preteli satu persatu dan di nyalakan tetap aja gak ketemu masalahnya. Itu solusinya gimana min?

Rahman said...

Min mau tanya. Saya ada ideapad s205. Waktu sementara dipakai kerja tiba" hang dan lansung saya matikan dengan menekan tombol power lama. Ketika saya hidupkan lagi udah black screen aja. Led power nyala, hardisk masih beroperasi. Tetapi kipasnya hanya nyala bentar aja truss mati. Sudah ku preteli satu persatu dan di nyalakan tetap aja gak ketemu masalahnya. Itu solusinya gimana min?

Anonymous said...

Laptop saya layarnya ngk muncul tapi lampunya hidup,bagaimana solusinya??

Unknown said...

Laptop saya layarnya ngk muncul tapi lampunya hidup,bagaimana solusinya??

Anonymous said...

gan laptop saya lenovo pas dinyalain powernya nyala tapi layarnya tidak nyala soulusinya gimana gan

Unknown said...

mas mau tanya,saya pake notbook lenovo pas d carger ama d teken tombol powernya ga nyala tapi lampu indikator carging kelap kelip kadang nyala kadang engga
trus pas batrenya coba d lepas ama coba di carger pas d teken tombol power masih ga nyala,
kalo boleh sharing itu kerusakannya ada dmn sama boleh minta solusinya buat perbaikannya
makasih mas 😁

CFP said...

Gan Laptop Ane Mati Total Indikator Menyala
Pake Monitor external gx kebaca
colokin Keyboard External Gx Nyala
Udah Di Bersihin Ramnya Juga Gx Nyala
Masalah Nya d Bagian Mana Tu Gan???
Mohon Pencerahan Gan

Unknown said...

kenapa yea boss. laptop saya asus x441s klo di pake internet tiba-tiba lcd blank ngak ad respon sama skali keyboard pun ngak berfungsi tapi kipas lampu indikator masih nyala. biasanya nunggu mati sendiri baru di onkan lagi gan. kira-kira solusinya gimana gan

kutungesot said...

makasih gan.. sangat membantu... ternyata cuman bersihin ramnya aja...
sekali lahi makasih..

Unknown said...

Mas,mau tnya notebook saya Asus monitor nya tidak nyala sama sekali tpi saat tekan tombol power lmpu nya nyala d charger jg msuk..kira"knpa ya mhon pncrahn nya..trus klo msalnya d service biaya nya mhal atau tidak..trims..

MEDIAPOSITIF said...

to yuli : coba aanti bersihkan ramnya ...bila perlu cabut hardisknya ....bila masih ragu dan khawatir lebih bermasalah minta bantuan ke teman,sudara, atau teknisi terpercaya anda...semoga cepat sembuh dan manfaat ..

Unknown said...

Mas mau tanya. Laptop saya lenovo
Layarati total. Tapi pas saya gunakan monitor external. Laptop nyalah normal pakai monitor external. Apa masalahnya di kabel plexibel?? Di jawab yaa. Thanks

Unknown said...

Mas. NB saya Acer. Hidupnya cuman di Tombol ON/OFF doang, layarnya mati. Gimana yah cara ngatasinnya?

Alexander said...

Om numpang tanya, ini masalah laptop sy.
laptop acer aspire 4732z, beberapa hari tiba-tiba saja mati dan tidak mau menyala sama sekali.
tapi kalau di colok charge ada lampu indikator menyala(bertanda ada aliran masuk).
Tetapi kalau di tekan tombol power tidak ada tanda-tanda kehidupan (lampu indikator tdk menyala samabsekali, kipas laptop tdk berputar). Pernah sekali kejadian ini terjadi tetapi masih bisa nyala (dalam jangka waktu yg lama) mohon percerahan ny kalau masalah laptop seperti saya,makasih

RizkiDogler said...

Bang gimana ni lapotop gua lampu on/of hidup trs tapi layarnya mati hidup trs gak masuk" ke desktop

Unknown said...

Laptop saya asus kan saya lagi enak nonton drama trus tiba" mati setelah itu saya charger laptop saya nah pas saya nyalakan gak bisa tapi indikator laptop nyala dan kalo saya nyalakan memang ada bunyi kayak biasanya

Unknown said...

Punyaku notebook toshiba ..indikator hidup semua...kipas hidup sebentar setelah itu mati lagi...kipasnya...indikator ttp hidup...tapi gak mau nyala solusinya boss

LOYENK said...

Maf min numpang tanya.
ACER E5-571G.
ketika masuk mode sleep biasanya pada laptop sy sellu di tandai dengan led brwarna kuning dn berkedip, dlm keadaan di pakai led brwarna biru. Skarang penyakitnya adlh:
1. ketika masuk mode sleep led kuning berkedip tiba" balik ke biru dn layar kmbali nyala...
2. Layar hitam pekat, led tetap biru dn tdk mau masuk mode sleep secara otomatis sekalipun sudah 1 jam led masih tetap biru, tidak ada tanda" kehidupan pada hardisk dn kipas pendingin, dn tdk mau nyala ketika mouse dn keyboard di pencet".... Nah hal terakir yg biasa sy lakukan adalah mematikan paksa mellui tmbol power dn sy nyalakn lg baru bisa berjln normal seolah" tdk ada bug.

Kedua penyakit di atas muncul semenjak windows sy rusak parah dn mengharuskn sy untuk instal ulang dr flashdisk tp install ulngnya tdk sy lakukn sndiri karna pada saat itu tdk mngerti tntang laptop akirnya sy bawa k service non resmi. mungkinkah komponennya ada yg diganti oleh pihak service tnpa sepengetahuan saya ?

LOYENK said...

Maf min numpang tanya.
ACER E5-571G.
ketika masuk mode sleep biasanya pada laptop sy sellu di tandai dengan led brwarna kuning dn berkedip, dlm keadaan di pakai led brwarna biru. Skarang penyakitnya adlh:
1. ketika masuk mode sleep led kuning berkedip tiba" balik ke biru dn layar kmbali nyala...
2. Layar hitam pekat, led tetap biru dn tdk mau masuk mode sleep secara otomatis sekalipun sudah 1 jam led masih tetap biru, tidak ada tanda" kehidupan pada hardisk dn kipas pendingin, dn tdk mau nyala ketika mouse dn keyboard di pencet".... Nah hal terakir yg biasa sy lakukan adalah mematikan paksa mellui tmbol power dn sy nyalakn lg baru bisa berjln normal seolah" tdk ada bug.

Kedua penyakit di atas muncul semenjak windows sy rusak parah dn mengharuskn sy untuk instal ulang dr flashdisk tp install ulngnya tdk sy lakukn sndiri karna pada saat itu tdk mngerti tntang laptop akirnya sy bawa k service non resmi. mungkinkah komponennya ada yg diganti oleh pihak service tnpa sepengetahuan saya ?

Spesifikasi Harga Hp Android said...

Boleh dicoba tuh semoga laptop ane nyala kembali

Unknown said...

Mas.laptop saya yg Toshiba layarnya mati tp mesin dan lampu LED nya nyala .saya udah nyoba cara tekan tombol FN dan ngeluarin battery laptopnya tp tetep mati
.saya harus gmn yak?

Unknown said...

ACER Travelmate 6292

Numpang tanya gan...
laptop ane nyala bentar trus layarnya tiba-tiba blank item tapi power masih nyala.

Udh coba jurus Fn+F4, Ctl+alt+del, matiin-nyalain-matiin-nyalain, dll tp msh gak mau juga.

lampu power masih nyala dan kipas mash muter.

Boleh bantu gan, ane musti ngapain lagi inih?

Thanks gan.

MEDIAPOSITIF said...

to MAs Blogger Dani Danu SEPERTINYA kalau hanya sekedar inbstal ulang sepertinya tidak akan di ganti part g lain kadang disis led indikator ada yg ganda sesuai kode kedipan led tiap merk berbeda arti ...ane nemukan led ada 2 fungsi ..misal hijau untuk indikator kerja hdd dan di led yg sama nyala kuning setelah di serch troubel di merk tersebut menunjukan on proses charger juga ...nah mungkin setelah di instal dengan fress os nya kelihatannya ada sisi sys atau hdd yg terdeteksi lemah / byg ...mohon dimaafkan jika keliru

to Septi Wardah said...mungkin karena nonton drama bund sebaiknyamah bayakin murathall bund biar gak hang dan eror .,...eheheh....redakan dulu... sepertinya vga ataau bagian menampilkan gambar kepanasan jadi blank ...tapi insuyaalah kalau sudah dingin kalau mungkin baterai nya tercabut dan di nyalakan lagi insyaalah normal ...kalau ngak kayaknya vga dah kena ..paling bunda pake monitor eksternal pakai vga portnya...mohon di maafkan


to Diningsih Sari said... matikan total bund ...cabut baterai kalau bisa .... periksa bagiab hdd khawatir gagal boot karena hdd bermasalah atau ram nya ...mohon dimaafkan

Danu Bahtera Anugrah said...

Thanks gan tuk tutorx, malasah selesai semoga ilmux makin bertambah gan, amin

Unknown said...

laptop Acer travelmate 3034 lampu nyala tapi layar mati, yang di bloh agan udah di coba semua di bersihintempat ramnya... tapi masih tetap mati layarnya..... help me

Anonymous said...

Salam nak tanya saya ada laptop toshiba kadang-kadang dari mula on myala semua kadang-kadang black screen dari mula tapi masih ada bunyi apa masalah ye

Unknown said...

Gan..mau tnya...laptop sya hp mini 110...td malem msh normal2 aj..siang ini mau dinyalain g bisa, ditekan power ga nyala sama sekali..cuma ada indikator lampu baterai yg lgi dicas...mohon bantuannya gan...trimakasih...

Unknown said...

Gan mau tnya...laptop saya HP mini 110
Td malem masih normal, tiba2 siang ini mau dinyalain mati total..dipencet power ga ada apa2nya...lampu power jg mati...yg nyala indikator baterai aja krn lg dicas..mohon bantuannya gan...twrima kasih

Unknown said...

Bang laptop saya merek hp 14-bs002TU , dan masalah nya dalam setiap kali selesai pakai ku shut down dan setiap setelah di shut down mau di nyalakan lagi itu hanya lmpu indikator nya saja , akan tspi setelah beberapa jam saat di on nyala tapi setelah di shut down ku nyalakan lagi lmpu indikator nya doang yg nyala tolong kasih saran bang

Kharisma said...

Laptop saya asus baru beli sekitar 2,5 bulan.
Tadi baru saya nyalakan, kemudian saya tutup layarnya karena mau saya tinggal sebentar. Saya tinggalkan tidak lebih dari 5 menit, saat saya buka layarnya hitam. Saat saya gerakkan kursor, layar tetap hitam dan tidak menyala. Saya tekan keyboardnya juga tetep tidak menyala.
Padahal, lampu indikator (tanda bohlam) yg ada di pinggir laptop menyala. Saya sudah coba mencharger laptopnya, tapi tidak menyala juga.

Itu karena apa ya? Dan bagaimana solusinya? Apakah ada tombol tombol tertentu pada keyboard yg bisa membuat layar menyala kembali?
Saya tidak bisa melepas baterai karna baterai menyatu di dalamnya.
Dan berkas garansi tertinggal di rumah, sedangkan saya sedang kuliah di luar kota. Adakah solusi yg tidak memerlukan biaya terlalu besar? Terimakasih