Wednesday, February 20, 2013

mengembalikan / recovery data / partisi yang hilang /terformat


Recovery Data Partisi Hardisk Yang Terformat /mengembalikan partisi yang hilang atau terformat


Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdullilah masih diberi sehat dan masih bisa nulis, Just sharing tulisan saya ini mungkin sudah banyak yang tahu mungkin juga banyak juga yang belum tahu. Ok langsung saja 

Sedikit saya akan sharing bagaimana jika Data dalam hardisk anda terformat atau terhapus dan partisi – partisi anda hilang ?? Data ataupun partisi di dalam hardisk yang terformat  terhapus itu tidak sepenuhnya hilang begitu saja sebenarnya masih ada dan hanya dipindahkan alokasi nya saja.


Banyak tools untuk meRecovery sebut saja Hirent Boot’s CD dan Recurva ataupun sejenisnya, Tapi dengan TestDisk lebih ringan & mudah di lakukan di Linux, Pada kasus ini Hal pertama yang saya lakukan Booting dengan Live USB menggunakan Flashdisk yang sudah saya install Fedora 17 (Anda bisa menggunakan Distro Linux lainnya).
Ok langsung saja cara untuk meRecovery mengembalikan data & partisi kita yang hilang :
1. Download dulu Testdisk for Linux http://www.cgsecurity.org/wiki/TestDisk_Download
 ATAU KALO SUDAH PUNYA LINUK TINGGAL MASUK KE TERMINAL DAN KETIK  : sudo apt-get install testdisk         setelah terinstal tinggal masuk ke menu testdisk dengan mengetik testdisk
2. Ekstrak paket Testdisk
tar -xvf testdisk-6.14-WIP.linux26.tar
3. Masuk directory Testdisk pilih & jalankan
./testdisk_static
4. Akan tampil seperti ini enter pilih create

5. Terlihat Disk /dev/sda – 200 GB /186 GiB – TOSHIBA MK2035GSS adalah hardisk saya

6. Enter pilih Intel

7. Enter pilih Analyse

8. Enter pilih Qiuck Search

9. Kemudian tarra :D tampil data dan partisi yang hilang kelihatan dari kasus saya adalah MASTER / HIBURAN

10. Tekan P untuk melihat isi dari partisi dan copy data yang akan anda copy Tekan C kemudian Arahkan kanan kemudian tempatkan akan ditaruh directory mana data yang akan diRecovery terakhir Tekan Y

11. Ini contoh saya copykan data saya di directory /run/media/liveuser/C6244A2A244A1E35
Terimakasih Semoga Bermanfaat :D

0 comments :