Tuesday, May 8, 2012

SUARA BEEP DI MOTHERBOARD DAN CARA MEMPERBAIKINYA



KESALAHAN ATAU PENYAKIT MOTHERADBOARD SEBENARNYA BISA TERDETEKSI OLEH SUARA BEEP DI MOTHERBOARD .berikut  arti /maksud bunyi beep di motherboard  berikut cara memperbaikinya  :

AMI BIOS 
1 X suara BIP
Kegagalan refresh DRAM. Sistem mempunyai masalah mengakses memori untuk merefreshnya.
solusinya : cabut baterai cmos lalu tekan power on atau /clear cmos
2 X
Kegagalan rangkain parity. Pada data yang ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang berfungsi untuk mendeteksi dan koreksi error. Pekerjaan ini dilakukan rangkaian parity yang terdapat dalam komputer. Hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau motherboard.
solusinya : coba pake memori yang diyakini betul memori bagus .,periksa semua koneksi kabel power-data
3 X
Kegagalan base memori 64K. Base memori 64K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM. Kegagalan ini bisa disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak.
4 X
Kegagalan system timer. Kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi-fungsi pada motherboard.
solusinya : clear cmos
5 X
Kegagalan prosesor. Dapat disebabkan panas berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam socketnya.
6 X
Kegagalan keyboard controller/gate A20. Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengedalikan keyboard Anda.
solusinya : pake kyboard yang compaitable contohnya kyboarad usb
7 X
Kesalahan prosesor.
solusinya bisa jadi karena ada pin yang rusak sipastikan pin prosesor atau yang ada di mobo tidak patah atau kotor,,kalo masih cari prosesor yang sejenis
8 X
Kesalahan baca/tulis memory display.
solusinya: harus sekolah seriusnya ganti elco yang mengalami ovre heat ato yang udah lemah di bagian memori
9 X
Kerusakan BIOS
Solusinya :ganti baterai cmos dengan baterai cmos baru .ganti dengan bios sejenis (CANIBAL) atao coba dulu di Clear CMOS
10 X
Kesalahan CMOS.
Solusinya :ganti baterai cmos dengan baterai cmos baru .ganti dengan bios sejenis (CANIBAL) atao coba dulu di Clear CMOS
11 X
Kerusakan cache memori.
Solusinya :ganti baterai cmos dengan baterai cmos baru .ganti dengan bios sejenis (CANIBAL) atao coba dulu di Clear CMOS
AWARD BIOS 
Award lebih menyukai pesan lewat monitor. Tapi ada saatnya video card tidak berfungsi dan pesan ditampilkan menggunakan kode bip tersebut. Oleh karena itu, kode bip pada BIOS tipe ini lebih sedikit. Kode bip pada BIOS ini juga seperti tanda morse, mengkombinasikan bip panjang dan pendek.
1 bip panjang
Masalah pada memori. Kemungkinannya adalah memori tidak terpasang benar, atau juga chip memori rusak. Bisa juga berhubungan dengan kerusakan motherboard.
solusinya : bersihkan memori dari karat bisa memakai baraso atao penghapus pensil ,dan pastikan memorinya bagus
1 bip panjang, 2 bip pendek
Kesalahan sistem video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menuliskan pesan error ke layar. Ada beberapa kemungkinan, antara lain video card dipasang pada sistem yang sudah ada video card on-board, atau menggunakan IRQ yang sudah terpakai untuk video card tersebut sehingga terjadi konflik. Kemungkinan lain, video card tidak terpasang dengan baik.
solusinya ganti dioda.,dan elco yang ada di vga board ,atau tancapkan vgacard (tidak menggunakan VGA onboard
1 bip panjang, 3 bip pendek
Sama seperti di atas, ada kesalahan pada video. BIOS tidak dapat mengakses sistem video untuk menampilkan pesan kesalahan ke layar.
solusinya : coba dulu di Clear CMOS tancapkan vgacard (tidak menggunakan VGA onboard.atur resolusi pada layar
Suara bip sambung menyambung
Dapat disebabkan memori atau video card.
Ada beberapa pedoman umum yang dapat digunakan untuk setiap BIOS. Pedoman umum ini hanya dapat digunakan untuk kesalahan yang terdeteksi sebelum dan saat Power On Self Test (POST). Kita sudah mengenal prosedur yang dilakukan computer saat mulai dihidupkan, dan ini akan sangat membantu dalam mendiagnosa masalah yang ada.
Pertama kali saat komputer dinyalakan, power supply akan mengirimkan daya ke semua komponen. Bila pada saat dinyalakan tidak ada reaksi apapun, maka periksalah power supply internal yang terletak pada komputer Anda. Untuk mengetesnya, kita bisa menggunakan LED (Light Emiting Diode) dan kemudian pasang pada POWER LED connector. Jika nyala, berarti power supply masih bagus.
semoga bermanfaat ::::

0 comments :