Friday, March 29, 2013

instal canon ip19800 di linux mint


Canon PIXMA iP1900 Series di Linux Mint

PIXMA iP1980
PIXMA iP1980
Alhamdulillah… akhirnya ketemu juga driver Linux untuk Canon PIXMA iP1980-ku. Sekarang printer itu sudah dapat digunakan untuk mencetak. Tahu nggak, driver itu ternyata sudah tersedia di situs Canon Eropa, klik di sini untuk mengunduhnya. Driver ini bergantung (dependency) pada libcupsys2. Tentu saja harus di-instal terlebih dahulu dengan cara:

sudo apt-get install libcupsys2
Baru kemudian, gunakan terminal dan masuklah ke direktori unduhan driver tersebut. Formatnya sih masih .tar. Jadi harus diekstrak dulu.
cd Downloads
tar -xf iP1900_debian_printer.tar
sudo dpkg -i cnijfilter*.deb
Tidak akan lama, driver printer akan terinstal. Sekarang saatnya mengkonfigurasi printer. Aku hubungkan printer iP1980 ke komputer dengan Linux Mint 6. Linux akan secara otomatis mengenali perangkat itu sebagai iP1900-series. Klik tombol [configure].
Configure Printer
Configure Printer
Pastikan pada bagian Make and Model-nya adalah Canon iP1900 series Ver.3.00. Jika belum, klik tombol [Change] di sampingnya.
Configure Printer
Configure Printer
Pilih “Select printer from database” dan pilih Canon pada bagian “Makes”, trus klik [Forward]. Pilih iP1900 Ver.3.00 pada kolom “Models”, kemudian klik [Forward].
Configure Printer
Configure Printer
Untuk memastikan berhasil atau tidaknya instalasi driver ini, lakukan Print Test Page.

0 comments :