Thursday, March 21, 2013

menjalankan software microsof/windows di linux

Kamu pengguna Linux? Apakah kamu pernah merasa ingin menjalankan program Windows di Linux? Bagi pengguna Windows yang baru saja berpindah ke Linux mungkin akan sedikit kebingungan saat mengoperasikannya. Tidak mudah memang berpindah dari satu hati ke hati lain (sedikit lebay), bagi kamu yang masih ingin menjalankan beberapa aplikasi Windows di Linux atau belum menemukan aplikasi pengganti dari Windows untuk Linux.
Beberapa saat yang lalu telah dibahas cara yang serupa dengan menggunakan software giveaway yaitu CrossOver yang mungkin sudah tidak bisa lagi di download.
Berikut 4 cara menjalankan aplikasi Windows di Linux


Wine

Salah satu software gratis untuk Linux yang bisa menjalankan aplikasi Windows di Linux adalah Wine. Pada dasarnya merupakan implementasi API Windows di Linux. Memang tidak semua aplikasi Windows dapat di jalankan dengan Wine, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dapat dijalankan di Wine kamu dapat melihatnya di Wine Application Database. Biasanya Wine digunakan untuk menjalankan game di Linux, karena game biasanya tidak dapat dijalankan di Virtual Machine.
Berikut ini cara Install Wine lewat terminal di Ubuntu:
sudo apt-get install wine
PlayOnLinux

Alternatif lain dari Wine adalah PlayOnLinux, PlayOnLinux lebih seperti Google Play atau Software Center. Disini kamu dapat memilih aplikasi Windows yang dapat kamu install di Linux. Tidak seperti Wine yang ketika menginstall kamu harus mengecek terlebih dahulu di Wine Application Database. PlayOnLinux lebih mudah digunakan, kamu cukup mencari software yang akan kamu install dan klik install.
Berikut ini cara Install PlayOnLinux lewat terminal di Ubuntu:
sudo apt-get install playonlinux
Remote Desktop

Cara lain untuk menjalankan program Windows di Linux adalah dengan menggunakan Remote Desktop. Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa itu Remote Desktop, Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di Microsoft Windows yang memungkinkan pengguna mengakses Windows dari jarak jauh. Untuk dapat mengakses Remote Desktop dari Linux, kamu bisa menggunakan software rdesktop atau tsclient.
Berikut ini cara install RDesktop atau TSClient di Ubuntu:
sudo apt-get install rdesktop
sudo apt-get install tsclient
Virtual Machine

Jika kamu menggunakan ketiga software diatas tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan VirtualBox, VMware Player atau Virtual Machine lainnya untuk Linux. Dengan menggunakan salah satu software machine itu kamu dapat membuat komputer virtual yang berisi OS Windows. Jadi kamu menjalankan Linux sekaligus Windows secara bersamaan. Dengan begini kamu akan dapat menjalankan software Windows di Linux. Namun kekurangan dari menggunakan cara ini adalah terlalu banyak memakan memory CPU. Jadi komputer kamu akan bekerja sangat keras karena menjalankan 2 OS secara bersamaan. Jangan heran kalau tiba-tiba komputer kamu lemot.
Sekian tips menjalankan program Windows di Linux, bila kamu mempunyai cara lain yang berhasil dapat kamu lakukan. Jangan segan-segan bagikan dengan teman-teman yang lain, caranya dengan meninggalkannya di kolom komentar.
Sumber : pusatgratis

0 comments :